ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATERI KIMIA HIJAU DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN 2030 KURIKULUM MERDEKA

arnov, Tria nabila (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATERI KIMIA HIJAU DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN 2030 KURIKULUM MERDEKA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI TRIA NABILA ARNOV 23060170052..pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI TRIA NABILA ARNOV 23060170052..pdf

Download (3MB)

Abstract

Arnov, Tria Nabila. 2024. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Pembelajaran Materi Kimia Hijau dalam Pembangunan Berkelanjutan 2030 Kurikulum Merdeka. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: Fenny Widiyanti, M. Pd. Kata kunci: Literasi Sains, Kimia Hijau, Pembangunan Berkelanjutan 2030, Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains peserta didik pada materi kimia hijau dalam pembangunan berkelanjutan 2030 buku peserta didik kelas X kurikulum merdeka. Ruang lingkup literasi sains yang dimaksud dalam penelitian ini adalah persentase kemunculan masing-masing indikator pada buku yang dianalisis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku peserta didik SMA kelas X dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi Kimia Hijau dalam Pembangunan Berkelanjutan 2030 kurikulum merdeka. Melalui analisis literasi sains dalam indikator pengetahuan, kompetensi, dan konteks pemahaman peserta didik sangat baik dalam indikator pengetahuan terkait dengan deskripsi dari kimia hijau serta tujuan dan hubungannya dengan pembangunan berkelanjutan. Indikator kompetensi berada pada kategori cukup baik, dimana dalam hal ini pernyataan peserta didik yang berkaitan dengan 12 prinsip kimia hijau tidak dapat dijawab dengan baik. Kemudian pada indikator konteks, peserta didik dikatakan kurang dalam memahami terkait dengan kontribusi penggunaan bahan kimia guna mendukung prinsip kimia hijau dalam pembangunan berkelanjutan. Meskipun demikian, peserta didik mampu mengidentifikasi terkait bahan kimia yang ada disekitar mereka serta bagaimana penggunaannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 16:47
Last Modified: 12 Jul 2024 16:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21310

Actions (login required)

View Item View Item