PENGEMBANGAN APLIKASI MODUL AJAR ONLINE PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN CAHAYA BERBASIS DISCOVERY LEARNING (MoGGeCa - DL) UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTs

ghaliyah, Anisa nawar firdaus (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI MODUL AJAR ONLINE PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN CAHAYA BERBASIS DISCOVERY LEARNING (MoGGeCa - DL) UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTs. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Anisa nawar firdaus ghaliyahh_.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Anisa nawar firdaus ghaliyahh_.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Anisa nawar firdaus ghaliyahh_.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan siswa, karakteristik produk, tingkat kelayakan dan tingkat kepraktisan produk pengembangan perangkat pembelajaran berupa aplikasi android pengembangan aplikasi modul ajar online pada materi getaran, gelombang dan cahaya berbasis discovery learning (MoGGeCa-DL) Untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD menggunakan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono, dalam penelitian ini langkah penelitian dibatasi sampai langkah ke tujuh. Subjek penelitian ini adalah 1 guru dan siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji validasi ahli materi dan bahasa, dengan nilai penilaian mencapai 96% (sangat valid), Begitu juga dengan validasi dari ahli media, yang mendapat persentase sebesar 85% (sangat valid). Berdasarkan uji kepraktisan produk oleh guru dengan hasil persantase 81% (sangat praktis). Uji kepraktisan oleh siswa keseluruhan rata-rata mencapai 84% (sangat praktis).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 16:48
Last Modified: 12 Jul 2024 16:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21312

Actions (login required)

View Item View Item