Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Aspek Sikap pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem di Kelas VII SMP Islam Sudirman Ambarawa

TAMIMI, RO'ISAH (2024) Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Aspek Sikap pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem di Kelas VII SMP Islam Sudirman Ambarawa. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RO'ISAH TAMIMI 23060170021.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI RO'ISAH TAMIMI 23060170021.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI RO'ISAH TAMIMI 23060170021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan individu untuk memahami, menerapkan ilmu pengetahuan, dan menjelaskan fenomena ilmiah untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat mengambil kesimpulan berdasarkan fakta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa aspek sikap pada pembelajaran IPA materi ekosistem di kelas VII SMP Islam Sudirman Ambarawa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan angket dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari seluruh siswa kelas VII SMP Islam Sudirman Ambarawa yang berjumlah 45 siswa yang terdiri dari 24 laki-laki dan 21 perempuan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dengan ukuran skala 1-4 dengan 3 indikator: minat terhadap sains dan teknologi, memedulikan dan menghargai pendekatan ilmiah, serta peduli terhadap alam sekitar. Hasil penelitian literasi sains aspek sikap pada pembelajaran IPA materi ekosistem ini adalah 74,11% dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains siswa aspek sikap pada pembelajaran IPA materi ekosistem di kelas VII SMP Islam Sudirman Ambarawa adalah tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 16:50
Last Modified: 12 Jul 2024 16:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21313

Actions (login required)

View Item View Item