ANALISIS MUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA BUKU SISWA SMP/MTs MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII KURIKULUM MERDEKA BAB STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA

Niam, Khoirun (2024) ANALISIS MUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA BUKU SISWA SMP/MTs MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII KURIKULUM MERDEKA BAB STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Khoirun Niam 23060170070.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Khoirun Niam 23060170070.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Khoirun Niam 23060170070.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Khoirun Niam 23060170070.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Khoirun Niam 23060170070.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Khoirun Niam 23060170070.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Khoirun Niam 23060170070.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Khoirun Niam 23060170070.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Khoirun Niam 23060170070.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Khoirun Niam 23060170070.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Khoirun Niam 23060170070.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Khoirun Niam 23060170070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Niam, Khoirun. 2024. Analisis Muatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Buku Siswa SMP/MTs Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Kurikulum Merdeka Bab Struktur Bumi dan Perkembangannya. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Guru Mata Pelajaran Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Analisis, Muatan HOTS, Buku Siswa. Pada buku siswa yang bermuatan higher order thinking skill (HOTS) dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendiskripsikan muatan higher order thinking skill dalam dalam buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII SMP/MTS kurikulum merdeka bab struktur bumi dan perkembangannya. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah buku siswa Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas VIII SMP/MTS pada bab struktur bumi dan perkembangannya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan instrumen yang digunakan untuk melakukan penelitian ini diambil dari indikator muatan HOTS berdasarkan taksonomi bloom revisi. Hasil dan kesimpulan pada penelitian ini indikator higher order thinking skill indikator C4 (Menganalisis) sebanyak 76%, indikator C5 (Mengevaluasi) sebesar 19%, dan indikator C6 (Mencipta) hanya terdapat 5%. Sedangkan C4.1 (Membedakan) sebanyak 4% kemudian ada sub indikator C4.2 (Mengorganisasi) sebesar 55%, Sub indikator C4.3 (Mengatribusi) muncul sebanyak 14%, C5.1 (Mengkritisi) terdapat 14%, selanjutnya sub indikator C5.2 (Memeriksa) 9%, sub indikator C6.1 (Merumuskan) mencakup 4%, sedangkan pada sub indikator C6.2 (Merencanakan) dan C6.3 (Memproduksi) tidak ditemukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 16:57
Last Modified: 12 Jul 2024 16:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21314

Actions (login required)

View Item View Item