EVEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN PUZZELE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA SISWA KELAS IV MI TARBIYATUL MUSLIMIN MEDAYU SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

fiteriantono, muhamad (2024) EVEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN PUZZELE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA SISWA KELAS IV MI TARBIYATUL MUSLIMIN MEDAYU SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Muhamad Fitriantono 23040170179 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhamad Fitriantono 23040170179 (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Fitriantono, Muhamad. Efektivitas Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas IV MI Tarbiyatul Muslimin Medayu Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024 .Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida;iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing Dr. Peni Susapti,S.Si.,M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Snowball Throwing, Mind Mapping Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV MI Tarbiyatul Muslimin sebelum menggunakan media pembelajaran puzzle pada materi sistem pencernaan manusia tahun ajaran 2023/2024, membandingkan hasil belajar antara kelompok yang menggunakan media puzzle dan yang menggunakan metode konvensional, serta mengevaluasi efektivitas media puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengukur efektivitas media pembelajaran puzzle pada materi sistem pencernaan manusia di kelas IV MI Tarbiyatul Muslimin. Penelitian dilakukan di Medayu, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pada Agustus 2023. Data primer berupa tes pemahaman siswa sebelum dan sesudah penggunaan media puzzle, sedangkan data sekunder mencakup prestasi akademik dan dokumentasi sekolah. Data dikumpulkan melalui tes standar, dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, uji-t, dan Gain-Ternormalisasi menggunakan software SPSS 22 untuk menilai pencapaian dan efektivitas media. Penelitian di MI Tarbiyatul Muslimin Medayu Suruh Kabupaten Semarang menunjukkan bahwa media puzzle efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang sistem pencernaan. Dari 40 siswa, kelas eksperimen yang menggunakan media puzzle mencapai rata-rata nilai post-test 90,1, sementara kelas kontrol hanya 61,45. Uji statistik t menunjukkan pengaruh signifikan media puzzle terhadap hasil belajar, dengan thitung > ttabel (6,94 > 2,01), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 16:58
Last Modified: 12 Jul 2024 16:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21315

Actions (login required)

View Item View Item