Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention Relevance Confidence Satisfaction) Berbantuan Media Animasi Powtoon Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Lima Kingdom Kelas VII SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024

Anggraeni, Novika Fitri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention Relevance Confidence Satisfaction) Berbantuan Media Animasi Powtoon Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Lima Kingdom Kelas VII SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi - Novika Fitri Anggraeni - 018.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi - Novika Fitri Anggraeni - 018.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) berbantuan media animasi Powtoon terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup Lima Kingdom kelas VII SMP Negeri 10 Salatiga tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi Experimental. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling di mana kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes soal pilihan ganda dan lembar angket. Pengujian hipotesis menggunakan koefisien korelasi, regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) berbantuan media animasi Powtoon berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji T Independent T-Test diperoleh nilai 2.760 > 2.461 yang berarti kedua varian memiliki perbedaan dua rata-rata. Hasil koefisien korelasi mempunyai nilai 0.389 yang berarti kedua variabel berhubungan kuat, kemudian uji regresi linier sederhana mempunyai nilai Sig 0.003 < 0.05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) berbantuan media animasi Powtoon terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan persamaan regresi linier sederhana kemampuan berpikir kritis siswa = 40.409 + 0.490X. Selanjutnya hasil uji koefisien determinasi mempunyai hasil R Square 0.151 yang menunjukkan besarnya pengaruh model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) berbantuan media animasi Powtoon terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 15.1% yang dapat diartikan mempunyai pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 17:45
Last Modified: 12 Jul 2024 17:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21320

Actions (login required)

View Item View Item