IMPLEMENTASI TUGAS DAN FUNGSI KARANG TARUNA PERSPEKTIF PERMENDAGRI NOMOR 18 TAHUN 2018 DAN MASLAHAH MURSALAH (STUDI DESA KLITIKAN KABUPATEN GROBOGAN)

Abas, Ahmad Aji Ma'arif (2024) IMPLEMENTASI TUGAS DAN FUNGSI KARANG TARUNA PERSPEKTIF PERMENDAGRI NOMOR 18 TAHUN 2018 DAN MASLAHAH MURSALAH (STUDI DESA KLITIKAN KABUPATEN GROBOGAN). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
BISMILAH REVISI MUNAQASAH AJI FIKS (1) (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
BISMILAH REVISI MUNAQASAH AJI FIKS (1) (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Abas, Ahmad Aji Ma’aif. 2024. Implementasi Tugas Dan Fungsi Karang Taruna Perspektif Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 Dan Maslahah Mursalah (Studi Desa Klitikan Kabupaten Grobogan. Skripsi, Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syar’ah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing Cholida Hanum, M.H Kata Kunci: Implementasi, Tugas dan Fungsi, Karang Taruna, Maslahah Mursalah Berdasarkan Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Tugas dan Fungsi dari Lembaga Kemasyarakatan Desa menyebutkan tugas dan fungsi lembaga kemasarakatan desa adalah melaksanakan pemberdayan masyarakat, ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan desa, serta menyalurkan aspirasi masyarakat desa. Namun apabila kita melihat lembaga kemasyarakatan desa yaitu Karang Taruna Desa Klitikan mengalami kevakuman. Dengan vakumnya atau tidak adanya kepengurusan Karang Taruna di Desa Klitikan peneliti tertarik untuk mengkaji kedalam dua rumusan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan Implementasi Tugas dan Fungsi Karang Taruna Perspektif Permendagri Nomor 18 Tahun 2018 dan bagaimana tinjauan Maslahah Mursalah dalam Implementasi Tugas dan Fungsi Karang Taruna Perspektif Permendagri Nomor 18 Tahun 2018. Adapun metode penelitian hukum yang digunakan pada penelitan ini menggunakan jenis penelitian hukum Non Doctrinal, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung dengan melihat kenyataan yang ada di lapangan, kemudian untuk pendekatan penelitian menggunakan pendekatan yuridis empiris. Adapun tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data dengan tehnik keabsahan data yakni Triangulasi Sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karang Taruna dusun telah melaksanakan pemberdayaan masyarakat dengan baik terbukti dengan adanaya kegiatan posbindu remaja, turnamen bla volley, pembentukan grup hadroh dan kegiatan pemberdayaan lain. Kemudian untuk keterlibatan Karang Taruna dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan desa memang belum maksiaml, hal ini terbukti Karang Taruna belum terlibat dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan. Padahal dalam prinsip Maslahah Mursalah mengajarkan untuk senantiasa mementingkan keutamaan dan kemaslahatan bersama dan menghindarakan diri dari kemudharatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 17:54
Last Modified: 12 Jul 2024 17:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21321

Actions (login required)

View Item View Item