PENGARUH REKSADANA SYARIAH, UTANG LUAR NEGERI, EKSPOR, TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI TAHUN 2017-2022 DENGAN KURS SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Ramadhani, Ulfi (2024) PENGARUH REKSADANA SYARIAH, UTANG LUAR NEGERI, EKSPOR, TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI TAHUN 2017-2022 DENGAN KURS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ULFI RAMADHANI 63020170117.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI ULFI RAMADHANI 63020170117.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI ULFI RAMADHANI 63020170117.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yaitu sebuah proses yang meningkatkan kemampuan sebuah perekonomian ketika menghasilkan jasa serta barang yang menghasilkan kesejahteraan Masyarakat. Pertumbuhan ini diukur dengan produk domestik bruto (PDB), yang menjadi wakil dari jumlah total jasa serta barang yang diproduksi di suatu negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dana investasi syariah, utang luar negeri, dan ekspor terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan nilai tukar sebagai variabel penyesuaiannya pada tahun 2017 hingga tahun 2022. Penelitian ini menggunakan data dari data sekunder bulanan yang diperoleh dari Bank Indonesia (BI) serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Eviews 9 digunakan sebagai alat analisis dengan metode kuantitatif menggunakan data time series. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Reksadana Syariah tidak memberi pengaruh signifikan pada pertumbuhan ekonomi. Utang luar negeri berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sementara ekspor dan kurs tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Variabel kurs dapat menjadi moderasi pengaruh Reksadana Syariah dan utang luar negeri pada pertumbuhan ekonomi, namun tidak mampu memoderasi pengaruh ekspor pada pertumbuhan ekonomi. Variabel ekspor dan utang luar negeri menunjukkan gejala multikolinearitas ketika dikombinasikan dengan kurs, sehingga dikeluarkan dari model regresi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 18:31
Last Modified: 12 Jul 2024 18:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21326

Actions (login required)

View Item View Item