IMPLEMENTASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PT MADINAH IMAN WISATA CABANG GROBOGAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PADA JAMAAH HAJI

Nisa, Zahrotun (2024) IMPLEMENTASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PT MADINAH IMAN WISATA CABANG GROBOGAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PADA JAMAAH HAJI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Zahrotun Nisa_NIM. 43020190013 (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Zahrotun Nisa_NIM. 43020190013 (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
Zahrotun Nisa_NIM. 43020190013 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Nisa, Zahrotun. 2023. Implementasi Standar Operasional Prosedur PT Madinah Iman Wisata Cabang Grobogan Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pada Jamaah Haji. Skripsi, Salatiga : Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra. Hj. Maryatin, M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, Standar Operasional Prosedur, Pelayanan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Bagaimana implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) pada bagian marketing, dan tour leader Pada PT Madinah Iman Wisata Cabang Grobogan, dan 2). Untuk mengetahui mutu pelayanan terhadap jamaah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana peneliti menyusun data dengan menggunakan deskripsi berupa kata-kata tertulis. Sumber data diperoleh dari Direktur Cabang, karyawan PT Madinah Iman Wisata Cabang Grobogan dan alumni jamaah haji dan umrah. Metode pengumpulan data melalui dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian di analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) pada bagian marketing, dan tour leader di PT Madinah Iman Wisata Cabang Grobogan sudah berjalan dengan lancar dan sesuai prosedur yang ditentukan, dan 2). Mutu pelayanan pada perusahaan ini selalu mengutamakan pelayanan kepada jamaah dengan tujuan untuk memberikan kepuasan terhadap jamaah atas pelayanan yang diberikan perusahaan. Hal ini terbukti dengan adanya keberhasilan dari penerapan 7 hal pokok didalam SOP diantaranya : efisiensi, konsistensi, meminimalisasi kesalahan, penyelesaian masalah, perlindungan tenaga kerja, peta kerja, dan batas pertahanan. Sedangkan tolak ukur keberhasilan sendiri dilihat dari bertambahnya jamaah setiap tahunnya dan adanya kepuasan dari jamaah terhadap fasilitas serta pelayanan yang diberikan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 19:01
Last Modified: 12 Jul 2024 19:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21327

Actions (login required)

View Item View Item