PENGARUH SAHAM SYARIAH, INFLASI DAN JUMLAH UANG BEREDAR (JUB) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA DENGAN NILAI TUKAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI TAHUN 2015-2023

FADHILA, IKA AQIDATUL (2024) PENGARUH SAHAM SYARIAH, INFLASI DAN JUMLAH UANG BEREDAR (JUB) TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA DENGAN NILAI TUKAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI TAHUN 2015-2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FULL IKA AQIDATUL FADHILA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fadhila, Ika Aqidatul. 2024. Pengaruh Saham Syariah, Inflasi dan Jumlah Uang Beredar(JUB) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dengan Nilai Tukar sebagai Variabel Moderasi tahun 2015-2023. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Emy Widyastuti, M.E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh saham syariah, inflasi, dan JUB terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan nilai tukar sebagai variabel moderasi tahun 2015-2023. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam melakukan penelitian ini, dengan memanfaatkan data sekunder berupa time series. Kumpulan data ini bersumber dari website instansi terkait. Pengolahan data memakai aplikasi Eviews- 12. Berdasarkan temuan penelitian, variabel saham syariah mempunyai pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Begitu pula dengan variabel inflasi yang juga memberikan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Variabel JUB menunjukkan pengaruh yang negatif signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebaliknya, variabel nilai tukar memberikan kontribusi positif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, nilai tukar juga tidak memiliki kemampuan untuk memoderasi variabel saham syariah dan inflasi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun, nilai tukar mempunyai kemampuan untuk memoderasi pengaruh JUB terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kata Kunci : Saham Syariah, Inflasi, JUB, Nilai Tukar, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. 

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 20:03
Last Modified: 12 Jul 2024 20:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21335

Actions (login required)

View Item View Item