KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 11 BOYOLALI

Hermawan, Imam (2024) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 11 BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
File upload.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File upload.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hermawan, Imam. 2024. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Pembelajaran Tematik Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Boyolali. Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing : Prof. Dr. Imam Sutomo, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Pembelajaran Tematik Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge di MIN 11 Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini Kepala Madrasah dan Guru Kelas di MIN 11 Boyolali. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa MIN 11 Boyolali (1) Kompetensi pedagogik yang diperankan guru dalam meningkatkan pembelajaran tematik di MIN 11 Boyolali mencakup: (1) Pemahaman karakteristik siswa dan mengaktualisasikan potensi peserta didik melalui pengetahuan pedagogik (pedagogikal knowledge) telah dapat diperankan secara positif oleh para guru pada pembelajaran tematik di MIN 11 Boyolali. Pelaksanaan dan perencanaan serta evaluasi pembelajaran melalui pengetahuan konten berbasis teknologi( (TPACK) telah dapat di implementasikan oleh guru untuk memperkaya wawasan melalui tambahan bahan ajar berbasis teknologi pada pembelajaran tematik siswa MIN 11 Boyolali. (2) Kendala kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan pembelajaran tematik berbasis TPACK di MIN 11 Boyolali. Banyaknya jumlah peserta didik sehingga pengamatan untuk memahami karakteristik membutuhkan waktu yang cukup, perlunya perencanaan dan pelaksanaan yang maksimal baik dari waktu penggunaan media dan sarana prasaran guna menunjang kegiatan pembelajaran selain itu perlunya menumbuhkan minat dan motivasi belajar dari peserta didik karena banyaknya materi serta terbatasnya waktu pembelajaran. (3) Solusi kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan pembelajaran tematik berbasis TPACK di MIN 11 Boyolali. Pemberian nasihat-nasihat serta perlunya kerjasama dengan orang tua guna perkembangan karakteristik peserta didik, kemampuan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran perlu dimaksimalkan dengan memanfaatkan teknologi sehingga memudahkan dalam penyampaian materi. Evaluasi juga memberikan timbal balik pada guru guna memperbaiki system pembelajaran. Kata kunci : Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran Tematik, TPACK

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 20:12
Last Modified: 12 Jul 2024 20:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21340

Actions (login required)

View Item View Item