PENERAPAN METODE SOROGAN PERSPEKTIF HADIS TARBAWI (IMPLIKASINYA TERHADAP SANTRI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAM AL FALAH SALATIGA)

yusuf, Assegaf Adnan Abas (2024) PENERAPAN METODE SOROGAN PERSPEKTIF HADIS TARBAWI (IMPLIKASINYA TERHADAP SANTRI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAM AL FALAH SALATIGA). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Assegaf adnan(1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Assegaf adnan(1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Assegaf adnan(1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode Sorogan adalah sebuah pendekatan yang telah lama digunakan dalam budaya Jawa, khususnya dalam tradisi Jawa Tengah dan Yogyakarta. Metode ini memiliki karakteristik unik yang memungkinkan proses pembelajaran yang berpusat pada diskusi kelompok dan interaksi antara peserta didik dan pendidik. Tulisan ini membahas penerapan metode Sorogan dalam konteks pendidikan modern.Metode Sorogan memungkinkan pembelajaran yang lebih kolaboratif dan interaktif. Dalam metode ini, peserta didik diberikan kesempatan untuk berdiskusi, bertukar pendapat, dan berbagi pengetahuan mereka dengan sesama peserta didik dan pendidik. Hal ini menciptakan lingkungan belajar yang lebih partisipatif, di mana setiap peserta didik dapat berkontribusi dan belajar dari yang lain Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Metode sorogan perspektif Hadis tarbawi (2) untuk mengetahui penerapan metode sorogan di Pondok Pesantren tarbiyatul Islam Al falah, Salatiga (3) untuk mengetahui implikasi metode sorogan pada santri Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan living hadis. Teknik analisa data dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode sorogan juga dilaksanakan sejak dari dulu baik dari Rasulullah SAW melalui sabdanya, ataupun pada proses penerimaan dan penyampaian hadis, kemudian penerapan metode sorogan mempunyai dampak yang beragam mulai dari kelebihan yakni Menambah wawasan karena disitu mengasah kembali apa yang sudah dipelajari di kelas baik itu ilmu fiqh maupun ilmu ilmu yang lainnya, kekurangan berupa keterbatasan waktu metode sorogan biasanya dilakukan di waktu malam atau waktu luang santri. Namun, waktu yang terbatas tersebut seringkali membuat santri merasa terburu-buru dalam memahami materi yang disampaikan. ,tantangan, solusi dan manfaat yang dirasakan oleh santri Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah. Kata Kunci: Metode Sorogan, Hadist Tarbawi, Living Hadis, PPTI Al Falah Salatiga

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Hadits
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 20:24
Last Modified: 12 Jul 2024 20:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21345

Actions (login required)

View Item View Item