PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 1 BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Azizah, Fatma Nur (2024) PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 1 BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FATMA NUR AZIZAH 23010200003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Azizah,Fatma Nur.2024.Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran PendidikanAgama Islam dan Budi Pekerti di SMP N 1 Bringin Kabupaten Semarang TahunAjaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga,Pembimbing: Prof. Dr. Mansur, M.Ag.Kata Kunci : Pembelajaran, Berdiferensiasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisispembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PendidikanAgama Islam danBudi Pekerti di SMP N 1 Bringin Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dandokumentasi dari lapangan. Pada penelitian ini peneliti mendapatkan informanyang terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum dan kesiswaan, guru PAI danpeserta didik. Analisis data pada penelitian ini melalui tiga komponen yaitu darireduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekankeabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasiteknik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi diSMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang sudah berjalan sejak tahun 2021dimulai dengan adanya kurikulum merdeka. Tes diagnostik awal digunakan untukmampu memahami karakter dari peserta didik tersebut. Pembelajaranberdiferensiasi terdapat tiga macam yaitu pembelajaran berdiferensiasi proses,diferensiasi konten dan diferensiasi produk. Pada awal sebelum pembelajaran,pendidik sudah mendapatkan materi tentang pentingnya menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. Pendidik dapat menggunakan model pembelajaran seperti teman sebaya, project based learning, problem based learning agar mampu memudahkan pendidik dalam proses belajar di dalam kelas. SMP Negeri 1 Bringin telah mempunyai fasilitas yang memadai baik dari segi SDM guru yang telah memumpuni dan fasilitas- fasilitas belajar lain yang mendukung prosespembelajaran peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 20:27
Last Modified: 12 Jul 2024 20:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21348

Actions (login required)

View Item View Item