EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS X TATA BUSANA 2 SMK NEGERI 1 TENGARAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Munifah, Ulfatul (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS X TATA BUSANA 2 SMK NEGERI 1 TENGARAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ULFATUL MUNIFAH 23010200053.pdf

Download (8MB)

Abstract

Munifah, Ulfatul. 2024. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Infografis Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Pai Siswa Kelas X Tata Busana 2 Smk Negeri 1 Tengaran Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyan dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Badrus Zaman, M.Pd.I. Kata Kunci: Media Infografis, Problem Based Learning, Hasil Belajar. Tujuan Penelitian ini yaitu: untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran infografis dan model pembelajaran Problem Based Learning pada hasil belajar mata pelajaran pai siswa kelas X tata busana 2 SMK Negeri 1 Tengaran tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan bentuk pretest dan posttest. Populasinya yaitu seluruh peserta didik kelas X Tata Busana, kemudian menggunakan teknik cluster random sampling untuk diambil sampel penelitian. Sebanyak 2 kelas menjadi sampel penelitian yaitu kelas X Tata Busana 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X Tata Busana 2 sbagai kelas eksperimen. Kemudian instrument penelitian yang berbentuk soal pretest dan posttest diuji keabsahannya menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal dan uji daya pembeda soal. Hasil data dari pretest dan posttest dianalisis menggunakan SPSS 27.0 untuk di uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis atau uji t (Independent Sample T-Test). Kemudian untuk instrument non tes berupa angket dengan 15 butir pertanyaan yang ditujukan kepada peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai posttest pada kelas kontrol dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 82,72 dan nilai rata-rata kelas kontrol 68,38. Selanjutnya pada analisis hipotesis yaitu uji t (Independent Sample T-Test) diperoleh hasil nilai Sig. adalah 0,001 yang berarti nilai Sig.< 0, 005 dan untuk nilai t hitung adalah 3,469 dan nilai tabel nya adalah 1,998. Nilai t hitung > t tabel sehingga ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga membuktikan bahwa penggunaan media infografis dan model Problem Based Learning efektif pada hasil belajar peserta didik kelas X Tata Busana 2 SMK Negeri 1 Tengaran Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 20:32
Last Modified: 12 Jul 2024 20:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21349

Actions (login required)

View Item View Item