PENGEMBANGAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI PADA SISWA KELAS V MI KOTA SALATIGA

Guproni, Agus (2024) PENGEMBANGAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI PADA SISWA KELAS V MI KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Pak Agus super fik.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Tesis Pak Agus super fik.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Tesis Pak Agus super fik.pdf

Download (4MB)

Abstract

Guproni, Agus. 2024. Pengembangan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Pada Siswa Kelas V MI Kota Salatiga. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Winarno. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Berbasis Etnomatematika pada siswa kelas V MI Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development atau penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1. Pengembangan AKM Numerasi Berbasis Etnomatematika berbantuan google form dan linktree di desain agar dapat diakses dari manapun dan tidak terpaut oleh suatu ruang dan waktu, aplikasi ini disediakan menu petunjuk, latihan soal, kisi kisi beserta perolehan nilai hasil belajar. 2. Hasil validasi dari ahli materi tentang AKMI berbasis google form terintegrasi linktree berdasarkan pada tabel 4.1 diketahui total rata-rata sebesar 73% yang berarti termasuk ke dalam kategori valid dan layak untuk digunakan. Sedangkan nilai rata-rata penilaian dari ahli media tentang media AKMI ini sebesar 94.64 % yang berarti termasuk ke dalam kategori sangat valid dan sangat layak untuk digunakan. 3. Hasil uji efektivitas menunjukkan nilai Sig sebesar 0,000 kurang dari 0,05. Artinya H0 diterima dan H1 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) numerasi berbasis etnomatematika berbantuan google form dan linktree sangat efektif. Kata Kunci: Asesmen Kompetensi Minimum, Numerasi, Google Form, Linktree.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 20:34
Last Modified: 12 Jul 2024 20:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21350

Actions (login required)

View Item View Item