KEKOSONGAN APARATUR DESA PERSPEKTIF PERATURAN DAERAH KABUPATEN DEMAK NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PENGANGKATAN DAN PEMBERHENTIAN PERANGKAT DESA DAN FIQIH SIYASAH (STUDI DI DESA SOKO KIDUL KABUPATEN DEMAK)

akmal, Rifqy muhammad ajmal (2024) KEKOSONGAN APARATUR DESA PERSPEKTIF PERATURAN DAERAH KABUPATEN DEMAK NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PENGANGKATAN DAN PEMBERHENTIAN PERANGKAT DESA DAN FIQIH SIYASAH (STUDI DI DESA SOKO KIDUL KABUPATEN DEMAK). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
alhamdulilah jamal.pdf

Download (2MB)
[img] Text
alhamdulilah jamal.pdf

Download (2MB)
[img] Text
alhamdulilah jamal.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rifqy, Muhammad Ajmal Akmal. 2024. Kekosongan Aparatur Desa Perspektif Peraturan Daerah Demak Nomor 1 Tahun 2018 Tentang pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa Dan Fiqih Siyasah (Studi Di Desa Soko Kidul Kabupaten Demak). Program Studi Hukum Tata Negara. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhammad Chairul Huda, M.H. Kata Kunci: Kekosongan, Aparatur Desa, Peraturan Daerah, Fiqih Siyasah Penelitian ini mengkaji tentang kekosongan aparatur desa perspektif peraturan daerah demak Nomor 1 Tahun 2018 dan fiqih siyasah di Desa Soko Kidul Kabupaten Demak. Dengan rumusan masalah yaitu: (1) kenapa terjadi kekosongan aparatur desa dan bagaimana upaya pemerintah desa terhadap kekosongan aparatur desa di Desa Soko Kidul Kabupaten Demak (2) untuk mengetahui bagaimana kekosongan aparatur desa di Desa Soko Kidul dalam perspektif peraturan daerah demak dan fiqih siyasah. Jenis penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris yang merupakan penelitian hukum mengenai pemberlakuan atau implementasi ketentuan yang terjadi di dalam pemerintahan Desa Soko Kidul. Sumber data dari penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Data primer yaitu kepala desa, ketua BPD dan tokoh masyarakat kemudian data sekunder dari referensi tertullis yaitu buku, artiker, jurnal dan perundangundangan tentang mekanisme atau rekrutmen perangkat desa. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di pemerintahan Desa Soko Kidul ada kekosongan aparatur desa berhenti karena meninggal dunia.dan digantikan oleh pelaksana tugas sementara bukan dari staf perangkat desa melainkan dari tokoh masyarakat hal ini belum sesuai dalam Peraturan Daerah Kabupaten Demak Nomor 1 Tahun 2018 dalam pasal 34. Kekosongan aparatur desa belum sesuai dalam Peraturan Daerah Kabupaten Demak Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa dimana kekosongan aparatur desa di Desa Soko Kidul belum melakukan perekrutan perangkat desa yang baru. Dalam fiqih siyasah dimana kepala desa sebagai khalifah mengangkat seorang wazir atau pembantu untuk melaksanakan pemerintahan desa, kepala desa menunjuk langsung diberi wewenang untuk melaksanakn tugas tanpa di lantik sama halnya wazir tanfizh

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 20:48
Last Modified: 12 Jul 2024 20:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21353

Actions (login required)

View Item View Item