ANALISIS LITERASI SAINS PADA BUKU AJAR SISWA IPA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER 1 MATERI MENGENAL DAN MEMANFAATKAN SUHU KALOR SERTA FENOMENA PEMUAIAN KURIKULUM MERDEKA EDISI REVISI TAHUN 2023

Munanati, Lia Rizqi (2024) ANALISIS LITERASI SAINS PADA BUKU AJAR SISWA IPA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER 1 MATERI MENGENAL DAN MEMANFAATKAN SUHU KALOR SERTA FENOMENA PEMUAIAN KURIKULUM MERDEKA EDISI REVISI TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LIA RIZQI MUNANATI_23060170075.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LIA RIZQI MUNANATI_23060170075.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LIA RIZQI MUNANATI_23060170075.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LIA RIZQI MUNANATI_23060170075.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Munanati, Lia Rizqi. 2024. Analisis Literasi Sains pada Buku Ajar Siswa IPA SMP/MTs Kelas VII Semester I Materi Mengenal dan Memanfaatkan Suhu Kalor serta Fenomena Pemuaian Kurikulum Merdeka Edisi Revisi Tahun 2023. Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (T.IPA). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata kunci: Analisis, Buku Ajar Siswa, Muatan Literasi Sains Literasi sains merupakan suatu kompetensi yang dibutuhkan oleh setiap orang untuk berfikir secara terbuka tentang sains yang berkaitan dengan permasalahan yang terjadi disekitar lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan cakupan kategori muatan Literasi Sains pada Buku IPA SMP/MTs Kelas VII Semester I Materi Mengenal dan Memanfaatkan Suhu Kalor serta Fenomena Pemuaian Kurikulum Merdeka Edisi Revisi Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu buku siswa IPA SMP/MTs kelas VII semester 1 kurikulum merdeka edisi revisi tahun 2023. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi analisis muatan literasi sains yang diadaptasi dari Framework PISA 2018. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode analisis dokumen dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa muatan literasi sains dalam buku siswa IPA kelas VII semester 1 memiliki ruang lingkup yang lebih banyak pada indikator pengetahuan tentang sains dan ruang lingkup yang sangat rendah pada indikator interaksi, teknologi, dan masyarakat. Untuk penyajian cakupan muatan literasi sains pada isi buku yang dianalisis sudah baik dengan persentase 80%. Hasil persentase setiap cakupan masing-masing literasi sains yaitu: indikator pengetahuan tentang sains sebesar 77,6%, indikator sains sebagai cara untuk menyelidiki dan sains sebagai cara berfikir memiliki persentase yang sama yaitu sebesar 8,4% dan indikator interaksi, teknologi, dan masyarakat mempunyai persentase sebesar 5,6%. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pada buku siswa IPA tersebut mempunyai cakupan muatan literasi sains yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 21:17
Last Modified: 12 Jul 2024 21:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21357

Actions (login required)

View Item View Item