PENGARUH FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR), VOLUME PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP PENDAPATAN MARGIN MURABAHAH DIMODERASI BI 7 DAY REVERSE REPO RATE PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2019-2023

SETIYANI, YOLANDA TRI (2024) PENGARUH FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR), VOLUME PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN DANA PIHAK KETIGA TERHADAP PENDAPATAN MARGIN MURABAHAH DIMODERASI BI 7 DAY REVERSE REPO RATE PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2019-2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI YOLANDA PRINT NEW-2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bank syariah adalah lembaga keuangan yang bisnis utamanya adalah menyediakan layanan dalam lalu lintas pembayaran dan sirkulasi uang yang operasinya disesuaikan dengan norma - norma hukum Islam. Meningkatnya penerimaan sistem ekonomi berbasis syariah telah berdampak pada sektor-sektor komersial, terutama sektor perbankan (Ismail & Kadir, 2020). Kombinasi karakteristik moral dan bisnis merupakan komponen layanan dalam perbankan syariah, sehingga perbankan syariah tidak bebas bertransaksi sesuka hati, tetapi harus mengikuti standar yang ditetapkan oleh Islam sebagaimana disebutkan dalam Al - Quran dan Sunah. Pendirian lembaga keuangan Islam bertujuan untuk mempromosikan penerapan prinsip-prinsip ekonomi Islam pada kegiatan keuangan dan perbankan, serta perusahaan-perusahaan lain yang terkait. Prinsip-prinsip utama yang diikuti oleh bank-bank Islam meliputi pelarangan riba dalam berbagai bentuk transaksi, serta pelaksanaan kegiatan bisnis dan perdagangan dengan tujuan memperoleh keuntungan yang sah (Melina & Zulfa, 2022). Bank-bank syariah, tidak seperti bank konvensional, menganut prinsip-prinsip pembiayaan tanpa bunga seperti kontrak mudarabah, musyarakah, murabahah, ijarah, dan sebagainya. Tidak diragukan lagi, akad memainkan peran penting dalam menghasilkan pendapatan bank syariah. Semakin banyak pembiayaan yang dapat disalurkan bank syariah secara efektif dan efisien, semakin tinggi pendapatan mereka. Namun, jika ada masalah dengan pembiayaan atau jika ada risiko gagal bayar, pendapatan yang diperoleh bank syariah akan terbatas. (Agustina et al., 2021).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 21:29
Last Modified: 12 Jul 2024 21:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21359

Actions (login required)

View Item View Item