PENGARUH PENGANGGURAN, ZAKAT DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP KEMISKINAN DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI JAWA TENGAH

SARI, EVA DWI LUVITA (2024) PENGARUH PENGANGGURAN, ZAKAT DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP KEMISKINAN DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI JAWA TENGAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI EVA DWI LUVITA SARI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI EVA DWI LUVITA SARI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Luvitasari, Eva Dwi. 2024. Pengaruh Pengangguran, Zakat Dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Kemiskinan Dengan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Variabel Intervening di Jawa Tengah. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Program Studi S1-Ekonomi Syariah UIN Salatiga. Pembimbing Rifda Nabila, M.Si. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengangguran, zakat, dan indeks pembangunan manusia terhadap kemiskinan dengan pertumbuhan ekonomi sebagai variabel intervening. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan data sekunder yang diambil dari baznas jateng dan website BPS. Data yang digunakan ialah data panel yaitu gabungan dari Time Series 2018-2022 dan Cross Section sebanyak 35 kabupaten/kota. Dalam penelitian ini polpulasi yang digunakan adalah kabupaten/kota di Jawa Tengah dengan pengambilan sampel jenuh. Penelitian ini mengunakan alat analisis Eviews 9.0 dengan analisis regresi yang terpilih fixed effect. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pengangguran dan zakat tidak berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan dan variabel indeks pembangunan manusia berpengaruh terhadap kemiskinan. Pengangguran dan indeks pembangunan manusia tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan variabel zakat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonmi di Jawa Tengah. Pertumbuhan ekonomi tidak mampu Memediasi Pengaruh Pengangguran, Zakat Dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Pengentasan Kemiskinan. Kata Kunci : Pengangguran, Zakat, Indeks Pembangunan Manusia, Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 21:45
Last Modified: 12 Jul 2024 21:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21360

Actions (login required)

View Item View Item