PENGEMBANGAN MEDIA CAMAT PINTAR MELALUI VIDEO ANIMASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA KALIMAT UNTUK KELAS I DI MI SIDOSARI 2 SALAMAN KABUPATEN MAGELANG

mashud, Muhamad latif (2024) PENGEMBANGAN MEDIA CAMAT PINTAR MELALUI VIDEO ANIMASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA KALIMAT UNTUK KELAS I DI MI SIDOSARI 2 SALAMAN KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Latif_mashud_12020200042 (11JULI24) fiks.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Latif_mashud_12020200042 (11JULI24) fiks.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Latif_mashud_12020200042 (11JULI24) fiks.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Latif_mashud_12020200042 (11JULI24) fiks.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Latif Mashud, Muchamad. 2023. Pengembangan Media CAMAT PINTAR Melalui Video Animasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Kalimat Untuk Kelas I di MI Sidosari 2 Salaman Kabupaten Magelang. Tesis. Fakultas Tarbiyah. Program Studi Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Setia Rini, M.Pd. Keterampilan membaca dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia tidak mudah untuk dipelajari bagi siswa kelas I karena pembelajaran menggunakan buku baca sedangkan anak belum dapat membaca kalimat. Berdasarkan analisis kebutuhan, maka penulis mengembangkan media pembelajaran menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan, mengembangkan dan menguji efektivitas media Camat Pintar melalui video animasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Kalimat terhadap peningkatan hasil belajar untuk kelas I di MI Sidosari 2 Salaman Kabupaten Magelang. Metode penelitian ialah penelitian pengembangan atau R&D (research and development) dengan menggunakan tahapan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementatation and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran yang inovatif, kreatif, menarik dan mudah dipahami yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bentuk pengembangan berupa media Camat Pintar dengan video animasi melalui tahapan analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Media Camat Pintar dengan video animasi terbukti efektif meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca kalimat ( uji paired sample t test , p = 0,00 < 0,05). Kata Kunci: Hasil belajar; Media Camat Pintar; Video Animasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2024 21:59
Last Modified: 12 Jul 2024 21:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21361

Actions (login required)

View Item View Item