EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZZIZ SEBAGAI ALAT EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI DATA DAN DIAGRAM KELAS VII DI MTS SUDIRMAN NGAMPIN KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG

jannah, alifa fatchul (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZZIZ SEBAGAI ALAT EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI DATA DAN DIAGRAM KELAS VII DI MTS SUDIRMAN NGAMPIN KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi alifa fatchul jannah fiks 23070170076 (1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
skripsi alifa fatchul jannah fiks 23070170076 (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Jannah, Alifa Fatchul Jannah “efektivitas penggunaan aplikasi quizizz sebagai alat evaluasi pembelajaran matematika materi data dan diagram kelas VII MTs Sudirman Ngampin.Skripsi, Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Salatiga.Saiful Marom, M.Sc. Kata kunci : Efektivitas, alat evaluasi, aplikasi quizizz. Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi quizizz dapat meningkatkan efektivitas siswa dalam pembelajaran matematika dan untuk mengetahui apakah aplikasi quizizz dapat menjadikan alat evaluasi pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yaitu data yang di kumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka pada kelas VII MTs Sudirman Ngampin mata pelajaran matematika materi data dan diagram. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes,wawancara dan kuisioner. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi quizizz ternyata dapat menjadikan siswa lebih efektif dalam pembelajaran matematika terutama saat pandemi dimana guru dan siswa tidak bisa bertatap muka secara langsung, yang mana persentase siswa 85,7% siswa lebih setuju menggunakan aplikasi quizizz ini, sedangkan persentase siswa yang kurang setuju penggunaan aplikasi adalah 14,3%. Dan dari data hasil pengerjaan siswa dalam pengerjaan melalui aplikasi quizizz dapat disimpulkan bahwa hasil siswa kelas VIIA dari 7 siswa ada 3 siswa yang mendapat nilai 100 , 1 siswa yang mendapat nilai 93, 1 siswa mendapat nilai 80 dan 1 siswa mendapat nilai 60, yang mana untuk KKM matematika kelas VIIA adalah 75. Banyak siswa yang mendapat nilai diatas KKM, meskipun masih ada 1 siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Sehingga juga dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan aplikasi quizizz dapat menjadi alat evaluasi pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2024 04:00
Last Modified: 13 Jul 2024 04:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21372

Actions (login required)

View Item View Item