STRATEGI DUKUNGAN KEPALA MADRASAH DALAM PUBLIKASI ILMIAH DAN KARYA INOVATIF GURU MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) TAHUN 2020—2024

Rahmawati, Lila (2024) STRATEGI DUKUNGAN KEPALA MADRASAH DALAM PUBLIKASI ILMIAH DAN KARYA INOVATIF GURU MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) TAHUN 2020—2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS LILA RAHMAWATI-12020200005.pdf

Download (3MB)
[img] Text
TESIS LILA RAHMAWATI-12020200005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rahmawati, Lila. 2024. Strategi Dukungan Kepala Madrasah dalam Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif Guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Tahun 2020—2024. Tesis, Salatiga. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Khusna Widhyahrini, M. Si. Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif Guru, Program PKB Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis pelaksanaan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Semarang, 2) untuk menganalisis strategi dukungan Kepala Madrasah dalam Publikasi Ilmiah dan Inovasi Guru Melalui Program di MI Kabupaten Semarang, 3) untuk menganalisis Implikasi Pelaksanaan Program PKB bagi profesionalisme guru tingkat MI di Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah pengawas madrasah, kepala, dan guru. Teknik pengumpulan data didapat melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Pada penelitian ini terdapat empat tahap analisis data yaitu 1) Pengumpulan data; 2) Reduksi data; 3) Penyajian data; 4) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Strategi dukungan kepala madrasah kepada guru adalah memberi teladan yang baik untuk meningkatkan profesionalisme, saling sharing memberikan dorongan kepada seluruh guru, memberikan alokasi anggaran di dalam Rencana Kegiatan Anggaran madrasah dalam PKB dan untuk guru yang mengikuti seminar-seminar, IHT (In House Training), dan lain sebagainya. 2) Strategi dukungan kepala madrasah sebagai manajer yaitu melakukan perencanaan dalam pengelolaan yang tertuang dalam program madrasah. 3) Strategi dukungan kepala madrasah sebagai administrator yakni mengelola administrasi kurikulum dan pembelajaran, kesiswaan, ketenagaan, administrasi keuangan, administrasi sarana dan prasarana, dan administrasi persuratan, Mengalokasikan anggaran untuk guru pada pelaksanaan PKB, dalam memudahkan kerja dengan perangkat SOP (Standarization Operating System) terkait dengan kegiatan PKB guru. 4) Strategi dukungan kepala madrasah sebagai administrator dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan sudah dilaksanakan dengan baik dengan menganalisis kebutuhan guru untuk melaksanakan kegiatan PKB yaitu melihat dari evaluasi sebelumnya apa yang cocok untuk mengembangkan kompetensi selanjutnya. 5) Strategi dukungan kepala madrasah sebagai inovator yaitu memberi binaan tentang kemajuan atau kemunduran kompetensinya. Selain itu juga adanya perbaikan untuk profesionalisme guru, pembinaan di Kelompok Kerja Guru (KKG) baik dari sisi psikologis, pedagogik, maupun profesionalisme.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2024 16:29
Last Modified: 15 Jul 2024 16:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21376

Actions (login required)

View Item View Item