KUSUMAWARDANI, TIFANI DIAH AYU (2024) Implementasi Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Inkuiri di MTs NU Ungaran. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI TIFANI T.IPAa.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI TIFANI T.IPAa.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI TIFANI T.IPAa.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini ada tiga hal, yaitu: (1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran IPA menggunakan pendekatan inkuiri di MTs NU Ungaran (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran IPA menggunakan pendekatan inkuiri di MTs NU Ungaran. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran IPA menggunakan pendekatan inkuiri di MTs NU Ungaran. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh melalui penelitian secara langsung dari hasil observasi dan wawancara antara penulis dengan informan. Selanjutnya adalah sumber data sekunder yang diperoleh dari sumber yang tidak tertulis seperti dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasisumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) implementasi pembelajaran IPA menggunakan pendekatan inkuiri di MTs Ungaran sudah cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari lembar observasi pembelajaran sudah adanya kegiatan 5 M yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Meskipun pada kegiatan menanya tidak banyak peserta didik yang mau untuk bertanya karena alasan malu, seperti di kelas VII yang baru masuk. (2) faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran IPA menggunakan pendekatan inkuiri adalah di sekolah tersebut sudah menggunakan kurikulum 2013 yang artinya semua mata pelajaran harus menggunakan pendekatan inkuiri dalam pembelajarannya. Faktor lainnya yaitu peserta didik antusias memperhatikan dan melakukan kegiatan yang sudah direncanakan oleh guru dalam RPP. (3) faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran IPA menggunakan pendekatan inkuiri adalah kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 19:34 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 19:34 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21383 |
Actions (login required)
View Item |