PENYELESAIAN SENGKETA HASIL PEMILIHAN KEPALA DESA KEBONDALEM DALAM PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH DAN UU NOMOR 6 TAHUN 2014

SHOLIKHATI, ANNISA YUNIAR (2024) PENYELESAIAN SENGKETA HASIL PEMILIHAN KEPALA DESA KEBONDALEM DALAM PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH DAN UU NOMOR 6 TAHUN 2014. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ANNISA YUNIAR SHOLIKHATI [33030190150].pdf

Download (2MB)
[img] Text
ANNISA YUNIAR SHOLIKHATI [33030190150].pdf

Download (2MB)
[img] Text
ANNISA YUNIAR SHOLIKHATI [33030190150].pdf

Download (2MB)

Abstract

Annisa Yuniar Sholikhati. (33030190150), 2023“Penyelesaian Sengketa Hasil Pemilihan Kepala Desa Kebondalem Dalam Perspektif Siyasah Dusturiyah dan UU Nomor 6 Tahun 2014”. Skripsi, Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Munajat, M.A., Ph, D. Kata Kunci: Sengketa Pemilihan Kepala Desa, Undang-undang dan siyasah dusturiyah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil pemilihan Kepala Desa dalam perspektif siyasyah dusturiyah (kajian sistem pemerintahan) yang didasarkan pada hasil surat Putusan Bupati Temanggung Nomor 141/315 Tentang Pengesahan dan Pengangkatan Kepala Desa Di Desa Kebondalem Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung Tahun 2022, yang mana dalam proses pemilihan kepala desa ini memunculkan perselisihan, sesuai dengan undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, hal tersebut kemudian ditindak lanjuti oleh Kepala Daerah atau Bupati Walikota dalam menyelesaikan perselisihan terkait dengan hasil pemilihan Kepala Desa hingga dikeluarkannya Surat Putusan Bupati Temanggung Nomor 141/315 Tahun 2022 sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku. Siyasah dusturiyah merupakan bagian fiqh siyasah yang membahas masalah perundang-undangan negara. Dalam bagian ini dibahas antara lain konsepkonsep konstitusi. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu penelitian hukum empiris dimana peneliti memperoleh datanya dari data primer atau data yang diperoleh langsung dari masyarakat. Penelitian empiris didasarkan pada kenyataan di lapangan atau melalui observasi langsung. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bermaksud untuk mendalami subjek penelitian. Penelitian kualitatif berfokus pada fenomena sosial dan pada pemberian suara pada perasaan dan persepsi dari partisipan dibawah studi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Masih banyak terjadinya kasus perselisihan dalam proses pemilihan kepala desa, dalam hal ini menimbulkan persoalan khusus yang perlu di tangani dari awal hingga akhir oleh pihak-pihak yang berwenang sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku, 2) Dalam penyelesaian Sengketa hasil pemilihan kepala desa, Bupati/Walikota sesuai dengan Undang- Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa belum mengatur secara rinci atas kewenangan Kepala daerah dalam menyelesaikan perkara, 3) Perspektif siyasah dusturiyah dalam menyikapi penyelesaian sengekata hasil pemilihan kepala desa, ialah sebagaimana konsep Islam yang mengajarkan musyawarah dan mufakat dan mengedepankan maslahat dari pada kemadhlaratanya, ini sejalan dengan dilakukan dalam penyelesaian sengkeata. Oleh karena itu, dalam aspek penyelesaian sengketa pemilihan kepala desa menurut fiqh siyasah dusturiyah mengacu pada ruang lingkupnya harus ditetapkan oleh pemerintah yang berwenang dengan memperhatikan unsur norma dan etika sesuai syari’at Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2024 20:08
Last Modified: 15 Jul 2024 20:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21384

Actions (login required)

View Item View Item