HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN BUKU TEKS DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Husna, Rosyad Umamul (2024) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN BUKU TEKS DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ROSYAD UMAMUL HUSNA 23010200041.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1). Untuk mengetahui penggunaan media sosial pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang. 2) Untuk mengetahui penggunaan buku teks pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang. 3) Untuk mengetahui motivasi belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang. 4) Untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media sosial dengan motivasi belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang. 5) Untuk mengetahui hubungan antara penggunaan buku teks dengan motivasi belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang. 6) Untuk mengetahui hubungan positif antara penggunaan media sosial dan buku teks dengan motivasi belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah bersifat kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang, populasi diperoleh dari seluruh siswa = 819 siswa, dengan jumlah sampel = 90 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random Sampling, dengan jumlah pertanyaan sebanyak 42 soal. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis korelasi, dan analisis korelasi berganda dengan bantuan SPSS for windows 26. Hasil penelitian menunjukkan: 1) bahwa penggunaan media sosial sangat tidak baik sebesar 2,2%, tidak cukup baik sebesar 2,2%, cukup baik sebesar 38,9%, baik sebesar 35,6%, dan sangat baik sebesar 21,1%, 2) buku teks dalam kategori sangat tidak baik sebesar 1,1%, tidak cukup baik sebesar 14,4%, cukup baik sebesar 34,4%, baik sebesar 40%, dan sangat baik sebesar 10%, 3) motivasi belajar dalam kategori sangat tidak baik sebesar 13,3%, tidak cukup baik sebesar 27,8%, cukup baik sebesar 27,8%, baik sebesar 21,1%, dan sangat baik sebesar 10%., 4) Korelasi antara penggunaan media sosial dengan motivasi belajar dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang yaitu sebesar 0,701, karena nilai koefisien berada pada rentang 0,600 – 0,799 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara media sosial dengan motivasi belajar adalah kuat, 5) Korelasi antara buku teks dengan motivasi belajar dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang juga dapat diketahui melalui tabel diatas yaitu sebesar 0,676, karena nilai koefisien berada pada rentang 0,600 – 0,799 maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara antara buku teks dengan motivasi belajar adalah kuat, 6) Hubungan antara penggunaan media sosial dan buku teks dengan dengan motivasi belajar dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang memiliki hubungan positif dan signifikan dengan nilai signifikansi F change sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai R sebesar 0,684.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2024 21:04
Last Modified: 15 Jul 2024 21:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21386

Actions (login required)

View Item View Item