Pengembangan E-Modul IPA Materi Siklus Air Terintegrasi Etno-ISTEAM Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024

Faizin, Muh. Hasan (2024) Pengembangan E-Modul IPA Materi Siklus Air Terintegrasi Etno-ISTEAM Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Muh. Hasan Faizin NIM. 12020220009.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muh. Hasan Faizin NIM. 12020220009.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muh. Hasan Faizin NIM. 12020220009.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muh. Hasan Faizin NIM. 12020220009.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muh. Hasan Faizin NIM. 12020220009.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muh. Hasan Faizin NIM. 12020220009.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muh. Hasan Faizin NIM. 12020220009.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muh. Hasan Faizin NIM. 12020220009.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muh. Hasan Faizin NIM. 12020220009.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muh. Hasan Faizin NIM. 12020220009.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muh. Hasan Faizin NIM. 12020220009.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muh. Hasan Faizin NIM. 12020220009.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muh. Hasan Faizin NIM. 12020220009.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Faizin, Hasan Muh,. 2024. Pengembangan E-Modul IPA Materi Siklus Air Terintegrasi Etno-ISTEAM Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Tesis. Program Studi Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan (need assement), mengetahui bentuk pengembangan, dan menguji uji efektivitas Pengembangan E-Modul IPA Materi Siklus Air Terintegrasi Etno-ISTEAM Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Plomp and Nieveen’s (2013) yang meliputi tiga tahapan pengembangan, yaitu penelitian pendahuluan (preliminary reseach); fase pengembangan atau prototipe (development of prototipe phase); dan fase penilaian (assesment phase). Subjek uji coba model penelitian ini ahli materi, media, guru dan peserta didik kelas V MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Instrumen yang digunakan pada peneliti untuk mengumpulkan data adalah wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini bisa disimpulkan sebagai berikut: Analisis kebutuhan guru tentang bahan ajar berupa modul elektronik yang jelas dan menarik serta memudahkan peserta didik dalam memahami materi siklus air. Selain mudah dan praktis dalam penggunaan E-Modul yang diharapkan juga bermanfaat meningkatkan minat, keaktifan, serta hasil belajar peserta didik. E-modul ini juga diharapkan dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran, efektif, dan bisa digunakan secara berulang-ulang. E-Modul IPA materi siklus air yang terintegrasi Etno-ISTEAM dikembangkan melalui beberapa tahapan: (a) perancangan E-Modul IPA materi siklus air yang terintegrasi Etno-ISTEAM, (b) uji kelayakan melalui kegiatan FGD dengan 2 ahli materi dan 1 ahli media, (c) revisi sesuai dengan arahan dan saran dari validator, (d) uji coba kepraktisan melalui uji coba kelas eksperimen dan kelas kontrol, (e) uji efektifitas E-Modul IPA materi siklus air yang terintegrasi Etno-ISTEAM. Berdasarkan hasil analisis SPSS tersebut menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. hal ini menunjukkan bahwa α = 0.05 lebih besar dari Sig. (2-tailed) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siklus air menggunakan E-Modul dengan hasil belajar yang tidak menggunakan E-Modul. Kata Kunci: IPA, Siklus Air, Etno-ISTEAM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jul 2024 23:10
Last Modified: 15 Jul 2024 23:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21390

Actions (login required)

View Item View Item