IMPLEMENTASI KONSEP KELUARGA SAKINAH DALAM PERNIKAHAN KARENA PERJODOHAN (Studi di Desa Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun 2022)

ismalia, Channa (2024) IMPLEMENTASI KONSEP KELUARGA SAKINAH DALAM PERNIKAHAN KARENA PERJODOHAN (Studi di Desa Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun 2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
CHANNA SKRIPSI REVISI FIKS (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
CHANNA SKRIPSI REVISI FIKS (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
CHANNA SKRIPSI REVISI FIKS (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
CHANNA SKRIPSI REVISI FIKS (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Ismalia, Channa. 2023. Implementasi Konsep Keluarga Sakinah Dalam Pernikahan Karena Perjodohan (Studi Kasus di Desa Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang). Skripsi. Fakultas Syari’ah. Jurusan Hukum Keluarga Islam. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Yusuf Khummaini, M. H. Kata Kunci : Implementasi, Keluarga Sakinah, Perjodohan Keluarga merupakan kelompok terkecil di dalam masyarakat yang berfungsi untuk mewujudkan kehidupan yang tentram, aman, damai dan sejahtera yang penuh cinta kasih dianatara anggotanya. Jika di dalam keluarga terdapat cinta kasih antar anggotanya, mau berbagi dalam suka dukanya dan mau mewujudkan ketentraman maka akan terwujud dan menjadi keluarga sakinah. Untuk membangun keluarga yang diimpikan biasanya ada kesediaan antar kedua pasangan yang mana ia saling cinta, saling ridho dan saling menghargai. Lantas bagi keluarga yang pernikahannya karena perjodohan pasti juga menginginkan kesakinahan dalam keluarganya. Maka dari itu penulis ingin mengetahui implementasi konsep keluarga sakinah dalam pernikahan karena perjodohan di Desa Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan psiko-sosio. Pendekatan Psikologi sosial adalah pendekatan yang ditinjau dari pengenalan tingkah laku dan proses pada lingkup sosial mengenai kehidupan keluarga yang pernikahannya karena perjodohan. Sumber informasi penelitian ini adalah hasil wawancara dengan informan dan observasi. Dan juga dari sumber sekunder berupa buku, jurnal, dan penelitian-penelitian terdahulu yang bersangkutan dengan judul penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dari lima keluarga pernikahan karena perjodohan di Desa Nyatnyono ditahun 2022 memiliki hubungan yang baik dan sudah bisa dikatakan mencapai keluarga sakinah dilihat dari terpenuhinya hak dan kewajiban serta kebutuhan keagamaan, kebutuhan sandang, papan dan pangan, serta memiliki hubungan ataupun komunikasi yang baik antar pasangan. Dan dari hasil klasifikasi dengan tipologi keluarga sakinah dari lima keluarga tersebut terdapat dua keluarga sakinah II dan tiga keluarga sakinah III.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Jul 2024 17:44
Last Modified: 16 Jul 2024 17:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21392

Actions (login required)

View Item View Item