Nisa, Nikma Lailatul (2024) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTS DARUL ULUM SURUH KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
NIKMA LAILATUL NISA 23010200042.pdf Download (6MB) |
|
Text
NIKMA LAILATUL NISA 23010200042.pdf Download (6MB) |
|
Text
NIKMA LAILATUL NISA 23010200042.pdf Download (6MB) |
|
Text
NIKMA LAILATUL NISA 23010200042.pdf Download (6MB) |
|
Text
NIKMA LAILATUL NISA 23010200042.pdf Download (6MB) |
|
Text
NIKMA LAILATUL NISA 23010200042.pdf Download (6MB) |
|
Text
NIKMA LAILATUL NISA 23010200042.pdf Download (6MB) |
|
Text
NIKMA LAILATUL NISA 23010200042.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Nisa, Nikma Lailatul. 2024. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII Di MTs Darul Ulum Suruh Kab. Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana motivasi belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Suruh Kab. Semarang. (2) Bagaimana minat belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Suruh Kab. Semarang. (3) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Suruh Kab. Semarang. (4) Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Suruh Kab. Semarang. (5) Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Suruh Kab. Semarang. (6) Hubungan antara motivasi belajar dan minat belajar siswa dengan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Suruh Kab. Semarang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs darul Ulum Suruh, Kab. Semarang sebanyak 270 siswa. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian sebesar 10% dengan menggunakan rumus slovin dari jumlah populasi yaitu 73 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar siswa kelas VII dalam mengikuti mata pelajaran akidah akhlak termasuk pada kategori baik sebanyak 45 siswa dengan presentase 62% yang menyatakan memiliki motivasi belajar dalam kategori baik. (2) Minat belajar siswa kelas VII dalam mengikuti mata pelajaran akidah akhlak termasuk pada kategori cukup hal tersebut dapat diketahui melalui analisis data yang telah di uji bahwa sebanyak 28 siswa dengan presentase 38% dalam kategori baik. (3) Hasil belajar siswa kelas VII dalam mengikuti mata pelajaran akidah akhlak termasuk pada kategori cukup hal tersebut dapat diketahui melalui analisis data yang telah di uji bahwa 26 siswa dengan presentase 36% dalam kategori baik. (4) Ada hubungan posistif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Suruh, Kab. Semarang (5) Ada hubungan posistif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Suruh, Kab. Semarang. (6) Ada hubungan posistif dan signifikan antara motivasi belajar dan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Suruh, Kab. Semarang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 19:24 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 19:24 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21394 |
Actions (login required)
View Item |