PEMBERDAYAAN KALIBOTO GREEN INSTITUTE DALAM PENGELOLAAN LAHAN KRITIS DI DESA KALIBOTO KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR

Ahmad, Fasikhudin (2024) PEMBERDAYAAN KALIBOTO GREEN INSTITUTE DALAM PENGELOLAAN LAHAN KRITIS DI DESA KALIBOTO KECAMATAN MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SCAN FASIKHUDIN AHMAD 43030180095_compressed_compressed_11zon.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI SCAN FASIKHUDIN AHMAD 43030180095_compressed_compressed_11zon.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI SCAN FASIKHUDIN AHMAD 43030180095_compressed_compressed_11zon.pdf

Download (5MB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kaliboto green institute dalam pengelolaan lahan kritis dan mengetahui hasil produktivitas lahan di kaliboto green institute desa kaliboto kecamatan mojogedang kabupaten karanganyar. lahan kritis tersebut sangat susah dikelola sebagai lahan pertanian, hanya ada beberapa macam tumbuhan saja yang bisa tumbuh di wilayah ini. penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan dua teknik penggalian data yaitu observasi dan wawancara. penelitian ini dilakukan di desa kaliboto kecamatan mojogedang kabupaten karanganyar jawa tengah. penelitian ini dilakukan pada bulan februari hingga bulan april tahun 2022. hasil penelitian diketahui, bahwa proses pemberdayaan lahan kritis yang dilakukan di kaliboto green institute melalui program peternakan dan pertanian terpadu dinyatakan berhasil dalam meningkatkan produktifitas di desa kaliboto kecamatan mojogedang kabupaten karanganyar. beberapa proses pemberdayaan tersebut diantaranya: pertama, membuka usaha peternakan dan pertanian yang dipadukan; kedua,perbaikan lapisan topsoil tanah denganpupuk organik; ketiga penyesuaian vegetasi lahan; keempat, proses pemberdayaaan ini memiliki keterkaitan yang saling mempengaruhi satu sama lainya di setiap pelaksanaanya dan keseluruhan rangkaian tersebut telah dijalani kaliboto green intitute.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Jul 2024 21:29
Last Modified: 16 Jul 2024 21:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21398

Actions (login required)

View Item View Item