PENDIDIKAN SIKAP AMANAH DAN ISTIQOMAH PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN API AL RIYADLOH KESONGO, TUNTANG, KAB. SEMARANG TAHUN 2021

Muhandis, M faiz Fahmi (2024) PENDIDIKAN SIKAP AMANAH DAN ISTIQOMAH PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN API AL RIYADLOH KESONGO, TUNTANG, KAB. SEMARANG TAHUN 2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
M. Faiz Fahmi Muhandis (111-14-382).pdf

Download (5MB)
[img] Text
M. Faiz Fahmi Muhandis (111-14-382).pdf

Download (5MB)
[img] Text
M. Faiz Fahmi Muhandis (111-14-382).pdf

Download (5MB)
[img] Text
M. Faiz Fahmi Muhandis (111-14-382).pdf

Download (5MB)
[img] Text
M. Faiz Fahmi Muhandis (111-14-382).pdf

Download (5MB)
[img] Text
organized.pdf

Download (5MB)
[img] Text
organized.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhandis, Fahmi Faiz. 2021. Pendidikan sikap amanah dan istiqomah pada santri di pondok pesantren Api al riyadloh kesongo, tuntang, Kab. Semarang tahun 2021. Prodi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Guntur Cahyono, M. Pd. Kata Kunci: Santri, Sikap amanah, Sikap istiqomah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendidikan sikap amanah dan istiqomah pada santri di pondok pesantren Api al riyadloh kesongo, tuntang, Kab. Semarang tahun 2021. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah:(1) Apa yang dimaksud dengan pendidikan sikap amanah dan istiqomah pada santri. (2) Bagaimana proses pendidikan sikap amanah dan istiqomah pada santri di pondok pesantren API Al Riyadloh Kesongo, Tuntang, Kab. Semarang. (3) Apa faktor pendukung dan penghambat yang muncul dalam pendidikan sikap amanah dan istiqomah pada santri di pondok pesantren API Al Riyadloh Kesongo, Tuntang, Kab. Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil observasi berupa Pendidikan sikap amanah dan istiqomah pada santri di pondok pesantren Api al riyadloh kesongo, tuntang, Kab. Semarang, wawancara dilakukan kepada Ustad dan ustadah pondok pesantren API Al Riyadloh Kesongo, Ketua Pengurus pondok pesantren Api al riyadloh kesongo, Penasehat pondok pesantren Api al riyadloh kesongo, Serta dokumentasi berupa foto kegiatan pondok pesantren Api al riyadloh kesongo. Selanjutnya reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pendidikan sikap amanah dan istiqomah pada santri di Pondok Pesantren Api Al Riyadloh kesongo, tuntang, kab. Semarang yaitu para santri ikut peran di dalam setiap kegiatan dan proses pembelajaran sehingga santri dapat menemukan konsep diri sendiri melalui Pendidikan sikap amanah dan istiqomah sebagaimana dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (2) Proses Pendidikan sikap amanah dan istiqomah pada santri di Pondok Pesantren Api Al Riyadloh kesongo, tuntang, kab. Semarang yaitu para santri wajib mengetahui tugas-tugas yang di berikan oleh para ustad dan ustadahnya. (3) Faktor penghambat dan Pendidikan sikap amanah dan istiqomah pada santri di Pondok Pesantren Api Al Riyadloh kesongo, tuntang, kab. Semarang yaitu faktor lingkungan di pondok pesantren maupun luar pondok pesantren, pendidik, para santri, dan juga dukungan (orang tua).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jul 2024 16:40
Last Modified: 26 Jul 2024 16:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21418

Actions (login required)

View Item View Item