PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA UNTUK SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BRINGIN

Gusyhza, Al Fallul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA UNTUK SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BRINGIN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Al Fallul Gusyhza 23060200024.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi Al Fallul Gusyhza 23060200024.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi Al Fallul Gusyhza 23060200024.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis kebutuhan pengembangan media ular tangga dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) pada materi bumi dan tata surya untuk kelas VII di SMPN 1 Bringin, 2) mengembangkan konsep media ular tangga dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) pada materi bumi dan tata surya untuk kelas VII di SMPN 1 Bringin, 3) menguji kelayakan media ular tangga dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) pada materi bumi dan tata surya untuk kelas VII di SMPN 1 Bringin, dan 4) menguji kepraktisan media ular tangga dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) pada materi Bumi dan Tata Surya untuk kelas VII di SMPN 1 Bringin Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) yang mengadaptasi dari Sugiyono. Penelitian ini dibatasi pada lima tahapan saja yaitu 1) potensi dan masalah, 2) desain produk, 3) validasi desain, 4) perbaikan desain, dan 5) uji coba kepraktisan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dengan format respon empat poin dari skala Likert untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan media ular tangga. Hasil penelitian menyatakan bahwa peneliti membuat media ular tangga yang lebih menarik, dan tidak membosankan. Persentase kelayakan media ular tangga pada aspek media 67,50% dan isi 76,67% yang berarti layak dapat digunakan dengan revisi dari masukan validator. Persentase kepraktisan oleh guru aspek materi 100 %, aspek Bahasa 100 %, aspek penyajian soal 100 %, dan aspek media 100 % yang berarti sangat praktis. Persentasi respon siswa aspek media 81,25%, aspek penyajian 91,67 %, dan aspek mendorong keingintahuan 83,33 % yang berarti sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Jul 2024 05:50
Last Modified: 27 Jul 2024 05:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21419

Actions (login required)

View Item View Item