Yuliani, Noor Farida (2018) Implementasi Nilai Nilai Total Quality Management (TQM) Pembelajaran Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Susukan Kabupaten Semarang tahun 2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.
| 
 | Text ARTIKEL PUBLIKASI 12010150045 Farida.pdf Download (479kB) | Preview | 
Abstract
Tujuan penelitian:(1)Untuk mengetahui implementasi TQMpada pengelolaan pembelajaran Fikih; (2) Untuk mengetahui kendala penerapan TQM pada pembelajaran Fikih dan cara mengatasinya; (3)Untuk mengetahui keberhasilan pelaksanaan TQM dalam pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Susukan. Penelitianinitermasukjenispenelitiankualitatif yang berdasarkanstudilapangan (field research) denganpendekatanfenomenologis.Metodepengumpulan data yaituobservasipartisipasi, dokmentasidanwawancarabebas. Tehnikanalisisdalampenelitianinimenggunakanpendekataninduksianalitik. HasiltemuanpenelitianmenunjukkankelebihandankekurangandalammengimplementasikanNilai-nilai Total Quality Management (TQM).1) Fokuspelanggansiswasebagaipelanganutamamemperolehperhatiandaripengelolapendidikan,2)Obsesikualitaskualitasdalampendidikaneratkaitannyadengan proses pengelolaansiswa, guru, kurikulum, saranaprasaranadansistemevaluasi ,3) Pendekatanilmiah, guru menggunakanpendekatanilmiahscientific approach dandiscovery learningsesuaidengankurikulum yang sedangberlangsung4)Komitmenjangkapanjang,Kurikulum 13, siswabelajartentangpengetahuan, Spiritual ,sikapdanKetrampilanmenjadisatukesatuan yang melekatpadakehidupansehari-haridanmembentukkarakter yang salingterkaitdapatdiimplikasikansepanjang hidupnya.5) Team workkerjasama team dankemitraandijalindandibinasebagaiupayapeningkatankualitasdanmelakukantugasnyalebihbaik6) PerbaikanterusmenerusMTsNSusukantelahmelakukan proses perbaikan berkesinambungan.7) Pendidikandanpelatihan; peningkatankualitaspelaksanaanpendidikan di MTsNSusukandilakukandengancaramengikutkangurunyadalampendidikankejenjangberikutnyamengikutidanmengadakanpelatihan,8)Kebebasan yang terkendali;Guru Fikih dalam merencanakan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar diberi kebebasan untuk merancangdanmendesainpembelajarannya 9) Kesatuan tujuan;Seluruh komponen yang ada di MTsN Susukan memiliki kesatuan tujuan untuk selalu meningkatkan management meliputi pelayanan, management administrasi dan managemen pembelajaran 10)pemberdayaankaryawan;Partisipasiseluruhkomponen yang terkaitakantumbuh rasa memiliki, rasa untukbertanggungjawabsertaberkembangnyalembagapendidikan di MTsNSusukan. Keberhasilan implementasi nilai-nilai Total Quality Management (TQM) pada pembelajaran Fikih di MTsN Susukan pada tahun 2017 sudah sesuai dengan kesepuluh karakteristik manajemen mutu terpadu atau TQM.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id | 
| Date Deposited: | 16 Jan 2018 06:38 | 
| Last Modified: | 16 Jan 2018 06:38 | 
| URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/2146 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        