EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SCRAPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA DALAM BENTUK KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA MI MA'ARIF MANGUNSARI KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024

PH, Pola Devia (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SCRAPBOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA DALAM BENTUK KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA MI MA'ARIF MANGUNSARI KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI YG FIX DIJILID.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI YG FIX DIJILID.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI YG FIX DIJILID.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI YG FIX DIJILID.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI YG FIX DIJILID.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI YG FIX DIJILID.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI YG FIX DIJILID.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI YG FIX DIJILID.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI YG FIX DIJILID.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI YG FIX DIJILID.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan dari media pembelajaran berupa scrapbook yang digunakan untuk mengetahui kemampuan keterampilan bercerita dan juga keterampilan menulis siswa MI Ma’arif Mangunsari Kota Salatiga. Pada penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode true experimental design (eksperimen yang betul-betul), karena dalam desain ini, peneliti dapat mengontrol semua variabel luar yang memengaruhi jalannya eksperimen. Penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen mengalami perubahan yang signifikan sedangkan kelas kontrol tidak mengalami perubahan yang signifikan. Artinya keduanya dalam kategori adanya pengaruh atau efektivitas. Namun kelas eksperimen masuk dalam kategori sangat berpengaruh dikarenakan memiliki score yang jauh lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang dilakukan bahwa penggunaan scrapbook efektive terhadap keterampilan bercerita siswa dalam bentuk keterampilan menulis pada siswa MI Ma’arif Mangunsari kota Salatiga. Hal ini dilihat dari hasil uji t-test keterampilan menulis dengan taraf signifikansi 5% nilai sig. (0,000) 0,05. Nilai t hitung t tabel atau sig 0,05 menunjukkan keterampilan menulis kedua kelompok berbeda secara signifikan. Dan didukung dengan Uji N-Gain tingkat efektifitas penggunaan scrapbook terhadap keterampilan bercerita siswa yaitu dengan hasil rata-rata Ngain score sebesar 0,61 hal tersebut termasuk kategori sedang dan untuk nilai N-Gain Person sebesar 61,111 angka tersebut menunjukkan pengunaan scrapbook cukup efektif digunkan karena berada pada persentase 56-75.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2024 00:39
Last Modified: 09 Sep 2024 00:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21494

Actions (login required)

View Item View Item