Annisa, Dicka Hayyu (2024) PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI KREATIF DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 UNGARAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
A FILE PERPUS DICKA.pdf Download (3MB) |
|
Text
A FILE PERPUS DICKA.pdf Download (3MB) |
|
Text
A FILE PERPUS DICKA.pdf Download (3MB) |
|
Text
A FILE PERPUS DICKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Annisa, Dicka Hayyu. 2024. Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada Siswa di SMP Negeri 1 Ungaran Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Barid Syamsiyah, M.Pd. Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila; Dimensi Kreatif; Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1)Mendeskripsikan upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa di SMP Negeri 1 Ungaran Tahun Ajaran 2023/2024; 2) Mendeskripsikan Model pembelajaran yang digunakan pada pelaksanaan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa di SMP Negeri 1 Ungaran Tahun Ajaran 2023/2024; 3) Mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat pada Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada siswa di SMP Negeri 1 Ungaran Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dengan tujuan agar mendapatkan data yang valid. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Upaya penguatan profil pelajar pancasila dimensi kreatif dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada Siswa SMP Negeri 1 Ungaran melalui pembelajaran intrakulikuler, pembelajaran ekstrakulikuler dan pembelajaran projek P5 pada kurikulum merdeka meliputi projek LIMA GADIS, projek pohon asuh, projek konten anti bullying, projek pemanfaatan kain perca, projek rumah adat dari limbah. 2) Model pembelajaran yang digunakan pada penguatan profil pelajar pancasila dimensi kreatif dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada Siswa SMP Negeri 1 Ungaran diantaranya: Model Problem Based Learning, Model Project Based Learning, Model Cooperative type TGT (Teams Games Tournament), Model Blended Learning. 3) Faktor pendukungnya antara lain: peran guru, antusias siswa, sarana prasarana memadai seperti adanya Kombel Spensasibar (Komunitas Belajar SMP Negeri 1 Ungaran Sinau Bareng). Adapun faktor penghambatnya antara lain: adanya dampak negatif gawai dan terdapat sebagian siswa tidak disiplin.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 18:01 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 18:01 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21505 |
Actions (login required)
View Item |