Parera, Nurita (2024) PERAN DAN DINAMIKA HOME INDUSTRI MEBEL KARTONO DALAM SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA KATERBAN KECAMATAN SENORI KABUPATEN TUBAN TAHUN 2011-2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
bismilah skripsi fiks AKHIR BULAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
bismilah skripsi fiks AKHIR BULAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
bismilah skripsi fiks AKHIR BULAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Peran dan Dinamika Home Industri Mebel Kartono Dalam Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Katerban Kecamatan Senori Kabupaten Tuban Tahun 2011-2022 merupakan sebuah fenomena yang cukup unik untuk dibahas dan diamati. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Perkembangan Tuban Menjadi Daerah Industri, Biografi dan Usaha Kartono dari tahun 2011- 2019, Peran dan Dinamika Usaha Mebel Kartono Tahun 2019-2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah Penelitian ini membahas tentang Peran dan Dinamika Home Industri Mebel Kartono Dalam Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Katerban Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Tahapan dalam metode penelitian sejarah yaitu: (1) Pemilihan topik (2) Heuristik atau pengumpulan data, (3) Verifikasi atau kritik sumber, (4) Interpretasi atau analisis fakta sejarah, (5) Historiografi atau penulisan sejarah. Adapun sumber yang digunakan adalah Sumber Primer dan Sumber Sekunder. Hasil penelitian ini adalah (1) Perkembangan Industri mebel berada di desa Katerban Kecamatan Senori Kabupaten Tuban signifikan bahkan menjadi area industri. Hal tersebut dikarenakan tuban memiliki sumber daya alam yang potensial untuk dikebangakan. ⦁ Home Industri mebel berada di desa Katerban berdiri pada tahun 2011 yang didirikan oleh Kartono, seorang yang memiliki jiwa agamis dan sosial yang tinggi. dilatar belakangi oleh Kartono melihat masyarakat desa Katerban pekerjaan yang tidak pasti, ada yang petani, kuli bangunan, dll. Melihat hal itu Kartono berinisiatif mendirikan industri mebel untuk memberdayakan masyarakat sekitar. (3) Pada awal berdirinya industri mebel mengalami perkembangan penjualan barang sampai ke luar kabupaten Tuban. Pada tahun 2019 mulai tersebarnya virus corona, home industri mengalami penurunan penjualan barang maupun pembelian bahan baku yang di batasi, kemudian industri mebel Kartono melakukan strategi dengan mengunakan media sosial sebagai sarana promosi vi barang. Setelah virus corona hilang home industri mebel mengalami peningkatan sampai ke luar provinsi. Kata Kunci: Dinamika, Home, Industri mebel
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 17:58 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 17:58 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21531 |
Actions (login required)
View Item |