KEPEMIMPINAN PROFETIK KEPALA SEKOLAH DALAM KINERJA GURU PADA SMP JAM’IYYATUT THOLIBIN KANDANGAN DAN MTs MU'ALLIMIN MUDAL TEMANGGUNG

IRFANI, AHMAD (2024) KEPEMIMPINAN PROFETIK KEPALA SEKOLAH DALAM KINERJA GURU PADA SMP JAM’IYYATUT THOLIBIN KANDANGAN DAN MTs MU'ALLIMIN MUDAL TEMANGGUNG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS AHMAD IRFANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kepemimpinan profetik kepala sekolah dalam kinerja guru pada SMP Jam‟iyyatut Tholibin Kandangan dan MTs Mu'allimin Mudal Temanggung. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Mukh Nursikin, MSI Salah satu indikator keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah yang bisa dipastikan dapat mencapai tujuan sekolah adalah kepemimpinan yang berlandaskan pada kepemimpinan Nabi Muhammad Saw. Kesuksesan yang dicapai oleh Nabi Muhammad SAW selama kepemimpinannya karena pola yang dibangun adalah berbasis kasih sayang, keteladanan, keimanan dan ketaqwaan pada Allah SWT. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis fenomenologis yang melibatkan informan Pengurus Yayasan, Pengurus Komite Sekolah, kepala sekolah, guru dan staf. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menemukan bahwa kepemimpinan Profetik Kepala Sekolah Dalam Kinerja Guru pada SMP Jam‟iyyatut Tholibin Kandangan dan MTs Mu'allimin Mudal Temanggung disesuaikan dengan desain besar yang telah disiapkan kepala Sekolah meliputi, megkomunikasikan visi dan misi sekolah, mengorganisir kegiatan-kegiatan berdasarkan rencana strategis sekolah, mempercayakan tim kerja bekerja sesuai dengan bidang tanggungjawab, menghidupkan dan menumbuhkan nilai nilai keimanan, mengadakan evaluasi bersama sesuai dengan kesepakatan bersama, untuk merefleksikan dan menginternalisasikan makna dari setiap kegiatan yang telah dilaksanakan. Factor pendorong Visi dan Komitmen Kepala Sekolah, Dukungan dari Komite Sekolah dan Yayasan, Keterlibatan Guru dalam Pengambilan Keputusan Budaya Sekolah yang Positif. Factor penghambatnya adalah Resistensi perubahan dan kurangnya sumberdaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2024 20:02
Last Modified: 09 Oct 2024 20:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21538

Actions (login required)

View Item View Item