FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KURANGNYA MINAT MEMBACA SISWA KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MI KEDUNGRINGIN 01 KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Layla, Umi Nur (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KURANGNYA MINAT MEMBACA SISWA KELAS V MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MI KEDUNGRINGIN 01 KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_UMI NUR LAYLA_23040190057.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI_UMI NUR LAYLA_23040190057.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI_UMI NUR LAYLA_23040190057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kurangnya Minat Membaca Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia MI Kedungringin 01, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 16 siswa, guru, dan 5 orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) faktor internal yang memengaruhi kurangnya minat membaca siswa kelas V mata pelajaran bahasa Indonesia terdiri dari: a) kemampuan siswa dalam membaca meliputi siswa kelas V belum sepenuhnya fasih dalam membaca, khususnya masih sering melakukan kesalahan dalam mengucapkan kata-kata dalam satu kalimat, dan pelafalan kata-kata yang diucapkan masih samar. Selain itu, siswa kurang mampu menjelaskan isi dan makna bacaan dengan baik dan siswa tidak memahami makna bacaan. b) kurangnya rutinitas membaca siswa meliputi kurangnya minat siswa dalam membaca bahan bacaan pelajaran bahasa Indonesia, siswa kurang memiliki waktu senggang untuk membaca, membaca buku sesuai perintah guru, dan siswa kurang memiliki motivasi untuk mencari buku atau bahan bacaan yang dibutuhkan. 2) faktor eksternal yang memengaruhi kurangnya minat membaca siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia terdiri dari: a) lingkungan madrasah kurang mendukung meliputi rendahnya budaya membaca di lingkungan madrasah, program literasi yang belum optimal, minimnya slogan membaca di lingkungan madrasah, tidak ada papan pengumuman madrasah. b) tidak ada perpustakaan di madrasah yaitu minimnya ruang perpustakaan madrasah. c) minimnya buku atau bahan bacaan bagi siswa meliputi minimnya bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan siswa, minimnya bahan bacaan yang dapat menarik minat siswa, akses terbatas siswa untuk membeli buku atau bahan bacaan dan tidak ada koleksi buku atau bahan bacaan di rumah bagi siswa. d) pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru meliputi pembelajaran yang dilakukan pengerjaan soal, diskusi, dan presentasi. e) lingkungan keluarga tidak mendukung meliputi kurangnya budaya membaca di lingkungan keluarga dan mayoritas orang tua jarang mengajak siswa ke toko buku atau membeli buku karena latar belakang ekonomi menengah ke bawah dan latar belakang pendidikan yang rendah. f) dampak menonton televisi dan bermain ponsel meliputi aktivitas siswa saat dirumah sering menonton televisi dengan intensitas yang tinggi dan menggunakan ponsel untuk bermain game, menonton YouTube.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2024 00:44
Last Modified: 11 Oct 2024 00:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21564

Actions (login required)

View Item View Item