PENERAPAN MODERASI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KOMPARASI DI SMK MUHAMMADIYAH BANDONGAN DAN SMK MA'ARIF KOTA MAGELANG TAHUN 2024)

Budiyati, Rina (2024) PENERAPAN MODERASI BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KOMPARASI DI SMK MUHAMMADIYAH BANDONGAN DAN SMK MA'ARIF KOTA MAGELANG TAHUN 2024). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
inbound4570168049133000531.pdf

Download (3MB)
[img] Text
inbound4570168049133000531.pdf

Download (3MB)
[img] Text
inbound4570168049133000531.pdf

Download (3MB)
[img] Text
inbound4570168049133000531.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menemukan: (1) strategi penerapan nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Bandongan dan SMK Ma’arif Kota Magelang (2) faktor pendukung dan penghambat penerapan nilai nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Bandongan dan SMK Ma’arif Kota Magelang (3) Upaya mengatasi hambatan penerapan nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Bandongan dan SMK Ma’arif Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yakni pengamatan dan wawancara. Sumber data primer adalah waka kurikulum, guru PAI dan siswa. Sementara sumber sekunder merupakan dokumen di lokasi penelitian yang dapat menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, nonparticipant observation, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi penerapan nilai-nilai moderasi beragama di SMK Muhammadiyah Bandongan menggunakan model project based learning metode diskusi dan media video, sedangkan di SMK Ma’arif Kota Magelang adalah dengan model discovery learning, metode diskusi dan ceramah serta media video pembelajaran. Nilai-nilai yang sudah diterapkan dalam pembelajaran PAI di kedua sekolah tersebut yakni Tawassuth (mengambil jalan tengah), I’tidal (lurus dan tegas), Tasamuh (toleransi), Syura (musyawarah), Ishlah (reformasi), qudwah (kepeloporan), muwathanah (kewargaan/cinta tanah air), al- laa’unf (anti kekerasan), i’tibar al-‘urf (ramah budaya) (2) Faktor yang mendukung penerapan nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Bandongan dan SMK Ma’arif Kota Magelang yakni dari dukungan dari banyak pihak, peran guru PAI dan model pembelajaran yang menarik, sedangkan penghambatnya adalah kondisi peserta didik, lingkungan, fasilitas dan belum adanya kurikulum moderasi beragama (3) Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam penerapan moderasi beragama pada pembelajaran PAI adalah dengan adanya laboratorium agama, pendampingan dan kurikulum moderasi beragama sedangkan di SMK Ma’arif Kota Magelang adalah dengan pendampingan, pemberian motivasi dan perluasan Masjid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2024 19:53
Last Modified: 11 Oct 2024 19:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21578

Actions (login required)

View Item View Item