PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS B DI TK ISLAM TARBIYATUL BANIN 19 KOTA SALATIGA

Suhendy, Bayu Firman (2024) PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS B DI TK ISLAM TARBIYATUL BANIN 19 KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTSS.pdf

Download (4MB)
[img] Text
PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTSS.pdf

Download (4MB)
[img] Text
PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTSS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) Mengetahui penggunaan media Loose Parts dalam mengembangkan kemampuan numerasi pada siswa kelas B di TK Islam Tarbiyatul Banin 19 Kota Salatiga. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam menggunakan media Loose Parts untuk mengembangkan kemampuan numerasi siswa kelas B di TK Islam Tarbiyatul Banin 19 Kota Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer yaitu Kepala sekolah, Guru Kelas B, dan Siswa Kelas B. Data sekunder berupa dokumen, foto dan berbagai sumber lainnya dari jurnal dan buku mengenai kemampuan numerasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses penggunaan media Loose Parts pada siswa kelas B di TK Islam Tarbiyatul Banin 19 Kota Salatiga melalui proses perencanaan yang meliputi tahap penyusunan RPPH, mempersiapkan bahan-bahan media loose parts, serta mempersiapkan kelas yang baik, rapi, dan bersih. Tahap pelaksanaan guru menggunakan jenis loose parts berupa batu, kulit kerang, balok kayu, biji-bijian, dan pompom dalam pembelajarannya, Loose Parts mampu mengembangkan numerasi anak seperti kemampuan membilang, mengenal geometri dan mengolah data sederhana. Tahap akhir yaitu evaluasi atau penilaian yang berupa catatan anekdot, foto berseri dan hasil karya (2) Faktor pendukung penggunaan media loose parts berupa sumber daya yang kompeten, penggunaan internet sebagai referensi, kerja sama yang baik antara orang tua dan sekolah, mudahnya media yang di dapat, media loose parts yang variatif, sarana dan prasarana yang mendukung serta penataan lingkungan belajar yang baik. Adapun faktor penghambat penggunaan media loose parts berupa sulitnya guru dalam menyimpan media loose parts sehingga membutuhkan waktu lama dalam persiapannya serta waktu pembelajaran yang singkat karena kegiatan yang banyak dan kemampuan anak yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2024 22:54
Last Modified: 11 Oct 2024 22:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21580

Actions (login required)

View Item View Item