handayani, Agustina dwi (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI JABUNG 2. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI JABUNG 2.pdf Download (4MB) |
|
Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI JABUNG 2.pdf Download (4MB) |
|
Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI JABUNG 2.pdf Download (4MB) |
|
Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI JABUNG 2.pdf Download (4MB) |
|
Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI JABUNG 2.pdf Download (4MB) |
|
Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI JABUNG 2.pdf Download (4MB) |
|
Text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP MINAT BACA SISWA PADA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI JABUNG 2.pdf Download (4MB) |
Abstract
Handayani, Agustina Dwi. 2024. Pengaruh Penggunaan Media Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Minat Baca Siswa Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri Jabung 2. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Kata Kunci: Media Direct Reading Thinking Activity (DRTA) dan Minat Baca Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Minat Baca Siswa Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri Jabung 2. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan total sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, obsservasi, dan dokumentasi. Instrumen tes di uji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media DRTA terhadap Minat baca siswa kelas V SDN Jabung 2. Hal tersebut dibuktikan dengan hasi uji paired samples t test yang menunjukkan bahwa Ha diterima Ho ditolak dengan t hitung 17,368 > t tabel 2,0452 dan Pvalue 0,000 < 0,05, yang artinya terdapat pengaruh penggunaan media Direct Reading Thinking Activity terhadap minat baca siswa pada muatan Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri Jabung 2. Artinya penggunaan Media DRTA berpengaruh secara signifikan terhadap minat baca siswa. Hasil ini di perkuat dengan nilai rata – rata Pretest sebesar 39,62 dan nilai rata – rata Posttest sebesar 77,31 sehingga diartikan mengalami kenaikan sebesar 37,69.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 23:53 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 23:53 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21632 |
Actions (login required)
View Item |