BRANDING DESA CIKAL BAKAL ANGKRINGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) NERANG JAYA DESA NGERANGAN KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN

Prayogo, Aden Imbang (2024) BRANDING DESA CIKAL BAKAL ANGKRINGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) NERANG JAYA DESA NGERANGAN KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Aden Imbang Prayogo 43010180148 KPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Aden Imbang Prayogo 43010180148 KPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Aden Imbang Prayogo 43010180148 KPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Aden Imbang Prayogo 43010180148 KPI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Aden Imbang Prayogo 43010180148 KPI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Prayoga, Aden Imbang. 2024. Branding Desa Cikal Bakal Angkringan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Nerang Jaya Desa Ngerangan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten. Skripsi. Salatiga: Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saipullah Hasan, M.A. Kata Kunci: Branding, BUMDes, Desa Wisata Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan salah satu usaha yang dilakukan dan dijalankan di Desa untuk meningkatkan kemandirian Desa. BUMDes Nerang Jaya Nerang Jaya dibentuk berdasarkan adanyan potensi Desa Ngerangan sebagai Desa Cikal Bakal Angkringan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan tahap Branding Desa Cikal Bakal Angkringan oleh Bumdes Nerang Jaya, (2) Mengkaji apa saja hasil branding Desa Cikal Bakal Angkringan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik triangulasi digunakan untuk memastikan keabsahan data dengan membandingkan informasi dari berbagai sumber, waktu, dan teknik. Sumber Data dari penelitian ini adalah hasil wawancara dengan lima subjek, terdiri Kepala Desa Ngerangan, Ketua Bumdes, Direktur Bumdes, Anggota Bumdes dan Pelaku Angkringan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tahap branding yang dilakukan oleh BUMDes Nerang Jaya berupa: (1) Mengumpulkan informasi sejarah angkringan dan unsur-unsur yang dibutuhkan, (2) Menyusun strategi untuk keberhasilan branding dengan cara mengenalkan dan bekerjasama dengan berbagai pihak dan media, (3) Merancang identitas berupa nama, logo dan tagline, (4) Mengaplikasian ke berbagai sarana (media cetak, media social dan media penyiaran), (5) Mempertahankan hasil branding dengan sosialisasi ke masyarakat dengan tujuan bekerjasama dengan Bumdes untuk mempertahankan hasil branding. Tahapan tersebut mendapatkan hasil yaitu semakin dikenalnya Desa Ngerangan, memperkuat pelaku angkringan dan meningkatkan perekonomian Desa Ngerangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2024 20:14
Last Modified: 15 Oct 2024 20:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21652

Actions (login required)

View Item View Item