Madyanti, Sahara Alma (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS 5 MIS NAHDLATUL UQUL KECAMATAN BENER KABUPATEN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Sahara Alma M-Cetak.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
|
Text
Sahara Alma Madyanti.pdf Download (2MB) |
Abstract
Madyanti, Sahara Alma. 2024. Kesulitan Belajar Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas 5 MI Nahdlatul Uqul Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Setiorini Rahma Safitri, M. Pd. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Matematika, Operasi Hitung Pecahan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa, mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika pokok bahasan operasi hitung pecahan dan mengetahui upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar pada pokok bahasan operasi hitung pecahan siswa kelas 5 MI Nahdlatul Uqul tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam wawancara yaitu guru kelas, siswa, dan wali siswa kelas 5 MI Nahdlatul Uqul tahun pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas 5 MI Nahdlatul Uqul tahun pelajaran 2023/2024 mengalami kesulitan dalam memahami operasi hitung pecahan. Beberapa kesulitan tersebut meliputi pemahaman istilah matematika, tidak hafal perkalian satu sampai sepuluh, siswa kesulitan mengerjakan soal, dan ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan soal tepat waktu. Faktor penyebabnya adalah lemahnya siswa dalam memahami konsep, keterampilan dasar yang minim, rendahnya motivasi, dan belum adanya dukungan dari guru atau orang tua secara maksimal. Metode pengajaran yang kurang sesuai, fasilitas pembelajaran yang tidak memadai, penggunaan teknologi masih sedikit, dan kurangnya perhatian keluarga siswa. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan operasi hitung pecahan meliputi melakukan komunikasi dengan wali murid, identifikasi sumber kesulitan, penerapan berbagai pendekatan pembelajaran seperti visual, auditif, atau kinestetik, serta bimbingan khusus melalui tambahan waktu pembelajaran, tutor, atau dukungan rekan sebaya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 06:25 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 06:25 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21661 |
Actions (login required)
View Item |