Amelia, (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT BERDASARKAN QS AL ASR AYAT 1-3 UNTUK MEREDUKSI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK DI SMA NEGERI 1 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
AMELIA013_NASKAH SKRIPSI_ACC.pdf Download (6MB) |
|
Text
AMELIA013_NASKAH SKRIPSI_ACC.pdf Download (6MB) |
|
Text
AMELIA013_NASKAH SKRIPSI_ACC.pdf Download (6MB) |
|
Text
AMELIA013_NASKAH SKRIPSI_ACC.pdf Download (6MB) |
|
Text
AMELIA013_NASKAH SKRIPSI_ACC.pdf Download (6MB) |
|
Text
AMELIA013_NASKAH SKRIPSI_ACC.pdf Download (6MB) |
|
Text
LoA 2024 amelia.pdf Download (469kB) |
|
Text
LoA 2024 amelia.pdf Download (469kB) |
|
Text
LoA 2024 amelia.pdf Download (469kB) |
|
Text
LoA 2024 amelia.pdf Download (469kB) |
|
Text
LoA 2024 amelia.pdf Download (469kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui tingkat prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 Salatiga, 2) untuk mengetahui penerapan teknik self-management dalam membentengi perubahan prokrastinasi akademik siswa berdasarkan QS. Al-Asr ayat 1-3, 3) untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik self-management berdasarkan surah Al-Asr ayat 1-3 dalam mereduksi prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah mixed method dengan model sequential explanatory yakni menggunakan pendekatan kuntitatif sebagai langkah pertama dan dilanjutkan dengan pendekatan kulitatif. Rancangan kuantitatif yang digunakan adalah quasi eksperimen desain nonequivalent control group design sedangkan kualitatif diperoleh dari wawancara. Populasi penelitian ini sebanyak 432 siswa yang kemudian diambil menjadi 59 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil 5 siswa untuk kelompok eksperimen dan 5 siswa untuk kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan Stratified Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji independen sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi prokrastinasi akademik siswa pada ketogori tinggi sebanyak 17%, pada kategori sedang sebanyak 34%, pada kategori cukup sebanyak 32%, dan pada kategori rendah sebanyak 17%. Didukung hasil wawancara yang menyatakan bahwa siswa melakukan prokrastinasi akademik seperti SKS (Sistem Kebut Semalam), merasa memiliki banyak waktu untuk mengerjakan tugas, dan memilih aktivitas yang lebih menyenangkan. Implementasi konseling kelompok teknik self-management berdasarkan QS. Al-Asr ayat 1-3 dilakukan sebanyak 5 sesi yaitu self-monitoring, self-reward, self-contracting, dan stimulus control dilanjutkan dengan posttest. Konseling kelompok memberikan hasil perubahan dibuktikan dengan mean score pretes-posttest pada kelompok eksperimen sebesar 71,8 menjadi 41,6. Didukung dengan hasil wawancara yang menyatakan bahwa siswa mengalami perubahan setelah diberikannya treatment yakni adanya motivasi yang kuat untuk segera mengerjakan tugas, dan membantu siswa untuk memanfaatkan waktunya dengan baik. Penerapan teknik self-management efektif mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 Salatiga dibuktikan dengan hasil N-Gain sebesar - 1,1 yang berarti terjadi penurunan dibandingkan kelompok kontrol yang diberikan treatment lain. Hasil ini juga dibuktikan dengan uji t sebesar 70.356, diperoleh nilai sig 0.000 menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan konseling kelompok dengan teknik self-management efektif untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA Negeri 1 Salatiga.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 20:50 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 20:50 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21678 |
Actions (login required)
View Item |