PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK FASE D SMP NEGERI 3 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Cahya, Annida Elsa (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK FASE D SMP NEGERI 3 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ANNIDA ELSA CAHYA_23070200025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI ANNIDA ELSA CAHYA_23070200025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI ANNIDA ELSA CAHYA_23070200025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI ANNIDA ELSA CAHYA_23070200025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI ANNIDA ELSA CAHYA_23070200025.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI ANNIDA ELSA CAHYA_23070200025.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi bangun ruang fase D SMP Negeri 3 Tuntang tahun pelajaran 2024/2025 yang memuat kriteria valid, efektif, dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (Rnd). Penelitian ini mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta didik berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi bangun ruang fase D SMP. Dalam pengembangan LKPD ini peneliti menggunakan model pengembangan Plomp yang memiliki 3 tahap pengembangan yang terdiri dari Preliminary Reaserch atau penelitian pendahuluan yang terdiri dari angket penelitian pendahuluan terhadap guru dan penelitian pendahuluan terhadap peserta didik. Prototyping Phase atau tahap penyusunan, dimana tahap ini LKPD disusun dal dinilai oleh validator ahli materi dan ahli media. Tahap terakhir yaitu Assesment Phase atau tahap penilaian, dimana tahap ini berguna untuk mengetahui keefektivan dan kepraktisan LKPD. Keefektivan dalam LKPD yang dikembangkan dengan menggunakan hasil pretest dan posttest. Sedangkan untuk uji kepraktisan menggunakan uji kepraktisan oleh guru dan peserta didik. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) menggunakan uji validasi materi dan validasi media. Hasil validasi materi sebesar 90,38% dengan kriteria sangat valid dan validasi media mendapat presentase sebesar 93,33% yang memiliki kriteria sangat valid. Dari hasil pretest yang dilakukan sebelum penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) dan posttest atau setelah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) mendapat nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan mean -35,909 yang artinya ada peningkatan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) dalam uji kepraktisan oleh guru mendapatkan presentase sebesar 87,5% dengan kriteria sangat praktis dan hasil uji kepraktisan peserta didik sebesar 85% dengan kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2024 21:30
Last Modified: 16 Oct 2024 21:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21684

Actions (login required)

View Item View Item