, Rizky Maulana Aziz (2024) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGASAH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 SALATIGA DAN SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Tesis Jadi Rizky Maulana Aziz.pdf Download (8MB) |
|
Text
Tesis Jadi Rizky Maulana Aziz.pdf Download (8MB) |
|
Text
Tesis Jadi Rizky Maulana Aziz.pdf Download (8MB) |
|
Text
Tesis Jadi Rizky Maulana Aziz.pdf Download (8MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peranan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam mengasah kemampuan berpikir kritis peserta didik, (2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat peranan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam mengasah kemampuan berpikir kritis peserta didik, (3) Untuk mendeskripsikan solusi dalam mengatasi faktor penghambat peranan guru peranan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam mengasah kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP Negeri 2 Salatiga dan SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi yang dilakukan di SMP Negeri 2 Salatiga dan SMP Negeri 4 Salatiga. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik. Proses analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam mengasah kemampuan berpikir kritis di SMP Negeri 2 Salatiga dan SMP Negeri 4 Salatiga Tahun ajaran 2023/2024 meliputi beberapa fungsi. Untuk semua indikator berpikir kritis seperti interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, penjelasan, dan kemampuan diri, guru berperan sebagai Ahli Instruksional, Manajer, dan Pemimpin, dengan tambahan peran sebagai Motivator, Model, Konselor, dan Insinyur Lingkungan di beberapa indikator. (2) Faktor penghambat peranan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam mengasah kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMP Negeri 2 Salatiga dan SMP Negeri 4 Salatiga adalah administrasi yang terlalu banyak, alokasi waktu mata pelajaran yang singkat, siswa yang tidak percaya diri, serta latar belakang keluarga dan lingkungan yang tidak mendukung. Di SMP Negeri 4 Salatiga, selain faktor-faktor tersebut, kemampuan pedagogik guru juga menjadi hambatan tambahan. (3) Solusi mengatasi faktor penghambat di SMP Negeri 2 Salatiga adalah pengurangan beban administrasi, peninjauan jadwal mata pelajaran dengan P5 dan penambahan materi melalui Mata Pelajaran Mulok KKS, menciptakan lingkungan kelas yang mendukung, serta berkolaborasi dengan guru lain. Di SMP Negeri 4 Salatiga memiliki beberapa solusi yaitu pengurangan beban administrasi dan pembentukan staf khusus administrasi guru, peninjauan jadwal mata pelajaran dengan P5, menciptakan lingkungan kelas yang mendukung, berkolaborasi dengan guru lain, serta mengikuti program profesi guru dan pelatihan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 04:26 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:26 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21690 |
Actions (login required)
View Item |