S.Pd.I, Rokhmad Afif, (2024) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PAI DI SMK MA'ARIF WALISONGO KAJORAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
TESIS_ROKHMAD AFIF.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem based learning dalam pembelajaran PAI terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa SMK Ma’arif Walingoso Kajoran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan quasi experimental design dan menggunakan teknik non-equivalent control design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ma’arif Walisongo Kajoran. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh, dengan sampel kelas XI PPLGIM sebagai kelompok eksperimen dan XI MPLB B sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala hasil belajar dan motivasi belajar. Teknik analisi data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) kelompok eksperimen sebesar 0,000 atau (sig < 0,05), sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,059 (sig > 0,05), sehingga dapat disimpulkan metode problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen dan pada kelompok kontrol dengan teknik ceramah tidak terdapat perbedaan. Sedangkan hasil uji Wilcoxon motivasi belajar kelompok eksperimen menunjukkan nilai sebesar 0,000 atau (sig < 0,05) dan kelompok kontrol sebesar 0,064 atau (sig > 0,05), sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan motivasi belajar metode problem based learning (PBL) dan tidak ada perbedaan pada teknik ceramah. Hasil uji Mann Whitney post test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol hasil belajar memiliki nilai sebesar 0,000 atau (sig < 0,05). Hal ini menunjukkkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan treatment. Sedangkan pada motivasi belajar memiliki nilai signifikansi sebesar 0,002 atau (sig < 0,05) pada post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkkan bahwa terdapat perbedaan antara motivasi belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan treatment. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode problem based learning (PBL) dalam pembelajaran PAI berpengaruh terhadap hasil belajar dan motivasi belajar PAI pada siswa SMK Ma’arif Walisongo Kajoran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 05:10 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 05:10 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21712 |
Actions (login required)
View Item |