Arromdhoni, Athi' Millati (2024) KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) BERMUATAN QS. ALI IMRAN AYAT 139 UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DI KELAS 3 TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN AN NUR CANDIREJO. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi_Athi' Millati_030KK_compressed.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi_Athi' Millati_030KK_compressed.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi_Athi' Millati_030KK_compressed.pdf Download (2MB) |
Abstract
Arromdhoni, Athi’ Millati. 2024. Konseling Kelompok dengan Pendekatatan Rational Emotif Behavior Therapy (REBT) Bermuatan QS Ali Imran Ayat 139 untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Di Kelas 3 Tsanawiyah Pondok Pesantren An Nur Candirejo. Skripsi. Bimbingan Konseling Pendidikan Islam. Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Wahidin, M.Pd. Kata Kunci: Konseling Kelompok, REBT, Rasa Percaya Diri Tujuan penelitian ini memuat tiga hal, yaitu: 1) Mengetahui gambaran tingkat rasa percaya diri siswa kelas 3 Tsanawiyah PP An Nur Candirejo. 2) Mengetahui pelaksanaan dari konseling kelompok dengan pendekatan REBT bermuatan QS. Ali Imran Ayat 139. 3) Mengetahui analisis efektivitas layanan konseling kelompok dengan REBT bermuatan QS. Ali Imran Ayat 139 guna membantu siswa dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas 3 Tsanawiyah PP An Nur Candirejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Ekspereiment Desain dengan menggunakan Non-Equivalent Pre-Test and Post-Test control-group design. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang siswa kelas 3 Tsanawiyah Pondok Pesantren An Nur Candirejo. Sampel yang diambil dalam penelitian eksperimen ini berjumlah 8 orang siswa yang kemudian di bagi menjadi 2 untuk kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis rasa percaya diri. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan Independent Samples T-Test. Hasil menunjukkan bahwa: (1) Tingkat rasa percaya diri siswa di kelas 3 Tsanawiyah Pondok Pesantren An Nur Candirejo terdapat 7 atau 23% siswa yang mempunyai Tingkat rasa percaya diri cukup. Kemudian ada 17 atau 57% siswa yang memiliki Tingkat rasa percaya diri sedang, dan 6 atau 20% siswa dengan Tingkat rasa percaya diri tinggi. (2) pelaksanaan layanan konseling kelompok dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan Pada pertemuan pertama, peneliti menerapkan Teknik REBT dengan meningkatkan semangat mengikuti kegiatan belajar mengajar di pesantren dan perilaku aktivasi. Dilanjutkan pertemuan kedua yaitu peneliti menggunakan Teknik REBT dengan tahap melakukan (disputing) terhadap cara berpikir dan berkeyakinan klien yang irasional. Dan pertemuan terakhir peneliti menerapkan teknik REBT yaitu menentang pikiran yang tidak rasional. (3) layanan konseling kelompok dengan REBT bermuatan QS Ali Imran ayat 139 efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas 3 Tsanawiyah Pondok Pesantren An Nur. Dari hasil yang diperoleh menunjukkan skor rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari skor rata-rata kelompok kontrol yaitu 68,75 > 62,25. Uji analisis hipotesis menngunakan Independent Samples T-Test diperoleh hasil nilai signifikansi (2-tailed) untuk posttest adalah 0,046. Berdasarkan pengambilan keputusan uji Independent Samples T-Test, nilai 0,046 < 0,05, maka H0 : ditolak dan Ha : diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 05:43 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 05:43 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21713 |
Actions (login required)
View Item |