EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING SOFLEN (SONG FOR LEARNING) DENGAN BERBANTUAN MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI STATISTIKA KELAS X SMA NEGERI 01 GEMUH KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2023/2024 SKRIPS

awalinda, Nur (2024) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING SOFLEN (SONG FOR LEARNING) DENGAN BERBANTUAN MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI STATISTIKA KELAS X SMA NEGERI 01 GEMUH KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2023/2024 SKRIPS. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi lindaaa.23070200043_compressed.pdf

Download (4MB)
[img] Text
skripsi lindaaa.23070200043_compressed.pdf

Download (4MB)
[img] Text
skripsi lindaaa.23070200043_compressed.pdf

Download (4MB)
[img] Text
skripsi lindaaa.23070200043_compressed.pdf

Download (4MB)
[img] Text
skripsi lindaaa.23070200043_compressed.pdf

Download (4MB)

Abstract

Awalinda, Nur. 2024, Efektivitas Strategi Pembelajaran Genius Learning SOFLEN (Song for learning) Dengan Berbantuan Media Sosial Tik Tok Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Statistika Kelas X SMA Negeri 01 Gemuh Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2023/2024 . Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Imu Keguruan Universutas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si.,M.Pd Kata Kunci: Efektivitas, Genius Learning SOFLEN (Song for learning), Media Sosial Tiktok, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas strategi pembelajaran genius learning soflen (song for learning) dengan berbantu media sosial tik tok terhadap hasil belajar matematika pada materi Statistika untuk siswa kelas X di SMA Negeri 01 Gemuh Kabupaten Kendal pada tahun ajaran 2023/2024 Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain quasy experimental, yaitu pretest-posttest control group design. Peserta didik kelas X8 dijadikan kelas kontrol, sedangkan kelas X3 sebagai kelas eksperimen, dengan total 74 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik sampling acak kelompok (cluster random sampling).Instrumen yang digunakan meliputi tes,angket, observasi, dan jurnal mengajar guru. Data dianalisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, dilanjutkan dengan uji N-Gain, serta uji independent sample t-test. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: Uji N-Gain menghasilkan nilai 0,84 dikelas Eksperimen yang termasuk dalam kategori tinggi. Uji independent sample t-test terhadap data N-Gain menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor angket sebesar 96,2 data observasi sebesar 100 termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan analisis ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Genius Learning SOFLEN (Song for learning) Dengan berbantuan Media Sosial Tik Tok dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi statistika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2024 21:54
Last Modified: 21 Oct 2024 21:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21784

Actions (login required)

View Item View Item