PENGEMBANGAN MODUL SCIE-GO EDU PEMBELAJARAN IPA INTEGRASI P5 UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 4 TENGARAN

Sulistiawati, Yeni (2024) PENGEMBANGAN MODUL SCIE-GO EDU PEMBELAJARAN IPA INTEGRASI P5 UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 4 TENGARAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Pengembangan Modul SCie-Go Edu Pembelajaran IPA Integrasi P5 untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Tengaran_compressed_compressed (1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pengembangan Modul SCie-Go Edu Pembelajaran IPA Integrasi P5 untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Tengaran_compressed_compressed (1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pengembangan Modul SCie-Go Edu Pembelajaran IPA Integrasi P5 untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Tengaran_compressed_compressed (1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pengembangan Modul SCie-Go Edu Pembelajaran IPA Integrasi P5 untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Tengaran_compressed_compressed (1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pengembangan Modul SCie-Go Edu Pembelajaran IPA Integrasi P5 untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Tengaran_compressed_compressed (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Sulistiawati,Yeni. 2024. Pengembangan Modul SCie-Go Edu Pembelajaran IPA Integrasi P5 untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Tengaran. Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyo Kata Kunci: Modul SCie-Go Edu; Pembelajaran IPA; Integrasi P5; Berpikir Kritis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kondisi nyata saat ini media pembelajaran IPA berbasis digital; 2) Mengetahui kebutuhan pengembangan modul SCie-Go Edu pembelajaran IPA integrasi P5; 3) Mengetahui kelayakan hasil pengembangan modul SCie-Go Edu pembelajaran IPA integrasi P5; 4) Mengetahui kepraktisan hasil pengembangan modul SCie-Go Edu pembelajaran IPA integrasi P5; dan 5) Mengetahui karakteristik pengembangan modul SCie-Go Edu pembelajaran IPA integrasi P5. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembanggan ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollanda (1967). Tetapi dalam penelitian ini hanya menggunakan 4 tahapan yaitu: 1) Analysis; 2) Design; 3) Development; dan 4) Implementation untuk memperoleh tingkat kelayakan dan kepraktisan produk pengembangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen nontes berupa: pedoman wawancara; lembar angket untuk mengetahui kebutuhan guru dan peserta didik; angket kelayakan dan kepraktisan. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan pada penelitian berupa produk Modul SCie-Go Edu pembelajaran IPA integrasi P5. SCie-Go Edu merupakan nama yang digunakan dalam aplikasi modul. SCie-Go Edu dikembangkan menggunakan beberapa platform digital dan aplikasi pembuatan media ajar. Hasil uji kelayakan produk memperoleh kategori sangat layak pada aspek materi dengan persentase sebesar 92,31%, pada aspek desain dan media memperoleh kategori sangat layak dengan persentase sebesar 93,33%, dan pada aspek desain pembelajaran diperoleh kategori sangat layak dengan persentase sebesar 95,83%. Hasil uji kepraktisan oleh guru diperoleh kategori sangat praktis dengan persentase sebesar 95% dan kepraktisan oleh peserta didik diperoleh kategori sangat praktis dengan persentase sebesar 85,94%. Maka, dapat disimpulkan produk modul SCie-Go Edu Pembelajaran IPA Integrasi P5 dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2024 21:54
Last Modified: 21 Oct 2024 21:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21785

Actions (login required)

View Item View Item