faricha, aeny (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENGUBAH PECAHAN KE BENTUK DESIMAL KELAS V MI AL-IMAN KALIKUTO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
AENY FARICHA 23040180067.pdf Download (3MB) |
|
Text
AENY FARICHA 23040180067.pdf Download (3MB) |
|
Text
AENY FARICHA 23040180067.pdf Download (3MB) |
Abstract
Faricha, Aeny. 2023. Penerapan Pembelajaran Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Mengubah Pecahan Ke-Bentuk Desimal KElas V Mi Al-Iman Kalikuto Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Ilmu Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Abdul Syukur, M.Si Kata Kunci: Metode Tutor Sebaya dan Hasil Belajar Siswa Penelitian bertujuan untuk Untuk mengetahui apakah penerapan metode tutor sebaya dapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi mengubah pecahan ke bentuk desimal kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Al-Iman Kalikuto. Pendekatan penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas V MI Al-Iman Kalikuto Grabag dengan jumlah 20 siswa. Penelitian yang dilakukan terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan cara membandingkan skor nilai siswa setiap siklus dengan KKM yang sudah ditentukan yaitu 70. Tentunya penelitian ini digunakan untuk mengetahui berapa siswa yang dapat mencapai tujuan pembelajaran dan juga menjadi cara untuk mengetahui tindakan kelas yang sudah tercapai tujuannya. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Pada kegiatan pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa atau 20% meingkat pada kegiatan siklus I sebanyak 8 siswa atau 40% dan meningkat pada siklus II menjadi 15 siswa atau 75, sedangkan siswa yang belum tuntas juga menurun dari kegiatan pra siklus yaitu 16 siswa atau 80% dan menurun pada kegiatan siklus I yaitu 12 siswa atau 60% dan menurun pada kegiatan siklus II menjadi 5 siswa atau 25%. Peningkatan siswa yang tuntas pada setiap siklusnya juga mempengaruhi jumlah dan rata-rata nilai setiap siklusnya. Pra siklus mempunyai jumlah 1.085 dengan nilai rata-rata 54,25, siklus I dengan jumlah 1.340 dengan nilai rata-rata 67, dan siklus II sejumlah 1.530 dengan nilai rata-rata 76.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 22:17 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 22:17 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/21787 |
Actions (login required)
View Item |